Pergerakan jumlah pelanggan dan perubahan trafik komunikasi yang terjadi di berbagai kawasan jalur mudik serta kenaikan trafik pada saat lebaran, merupakan parameter estimasi trafik lebaran tahun ini.
Medan (ANTARA News) - Telkomsel mengoptimalkan seluruh elemen jaringan untuk menghadapi lonjakan komunikasi menjelng dan selama Idul Fitri dimana trafik pesan singkat atau SMS diperkirakan mencapai 1,1 miliar dari 2010 yang masih 810 juta.

"Telkomsel sudah melakukan optimalisasi pada seluruh elemen jaringan untuk menghadirkan jaringan terluas dan berkualitas dengan kapasitas yang lebih besar guna memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan yang mudik dan berlebaran tahun ini," kata General Manager Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra, dalam keterangan yang diterima, di Medan, Sabtu.

Untuk periode mudik dan lebaran 2011, Telkomsel sudah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringannya secara signifikan dibanding tahun 2010 karena terjadi lagi peningkatan penggunaan berbagai jenis komunikasi mulai dari SMS, data hingga suara.

Dengan penambahan berbagai kapasitas, sudah dipastikan sinyal di jalur mudik di sepanjang Sumatera-Jawa-Bali, dipastikan memadai.

Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel dewasa ini sudah mencapai lebih dari 35.000 unit dibandingkan pada 2010 yang masih 29.000 BTS.

Khusus di sepanjang jalur mudik Sumatera-Jawa-Bali, dewasa ini sudah dilayani sekitar 27.000 BTS.

Untuk kelancaran pesan singkat atau SMS, menurut dia, manajemen sudah meningkatkan kapasitas Short Message Service Center (SMSC)) sehingga kapasitas SMS menjadi 83.750 SMS per detik dari 80.000 SMS per detik di tahun 2010.

Ia menegaskan, kapasitas Visitor Location Register (VLR) atau kemampuan "handling" pelanggan ditingkatkan menjadi 185 juta pelanggan, dengan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan mudik 35-45 persen.

Tahun lalu, VLR masih mencapai 133 juta dengan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan mudik bervariasi sekitar 20-25 persen.

Semua elemen jaringan yang telah dipersiapkan tersebut telah diperhitungkan secara matang berdasarkan sejumlah data yang terjadi di tahun 2010.

Pergerakan jumlah pelanggan dan perubahan trafik komunikasi yang terjadi di berbagai kawasan jalur mudik serta kenaikan trafik pada saat lebaran, merupakan parameter estimasi trafik lebaran tahun ini, kata Ricardo.

Untuk semakin memuaskan pelanggan, manajemn sudah menyiapkan Tim TELKOMSELsiaga yang bertugas mulai H-7 hingga H+7.

Tim bekerja untuk memastikan seluruh rangkaian penyiapan jaringan itu benar-benar berjalan sesuai rencana sehingga kenyamanan berkomunikasi pelanggan pada mudik dan lebaran tetap terjaga.

(E016)(M012)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011