Jakarta (ANTARA News) - Maetrika meluncurkan laman belibu.com, sebuah layanan social share commerce pertama kali di Indonesia untuk para wirausahawan, unit kerja menengah (UKM), dan ibu-ibu.

"Ini (belibu.com) adalah layanan commerce pertama di Indonesia yang khusus dibuat untuk UKM karena layanan commerce sejauh ini kebanyakan menyasar segmen gaya hidup," kata Project Founder belibu.com Eldo Wirryabrata disela peluncuran di Senayan Jakarta Jumat (12/8).

Berdirinya layanan yang nantinya akan menjadi e-commerce itu dilatar belakangi oleh keprihatinan terhadap terbatasnya ruang promosi, fasilitas dan infrastruktur bagi wirausahawan dan UKM di Indonesia untuk memperkenalkan produk mereka.

Padahal, potensi kewirausahaan dan UKM di Indonesia sangat besar mengingat jumlah penduduk Indonesia yang besar dan banyak produk-produk unik UKM. Hingga saat ini ada sekitar 54 juta UKM di Indonesia.

Karena itu, kata Eldo, wirausahawan dan UKM Indonesia membutuhkan sebuah wadah online yang akan memberikan mereka perhatian, memaksimalkan potensi, mempromosikan produk, membeli produk dan jasa mereka.

Harapannya, meningkatnya pertumbuhan kewirausahaan dan UKM  akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Layanan ini akan menjadi tempat interaksi  antar entrepreneur untuk mentransformasikan ilmu mereka dan kami mengratiskan setiap wirausahawan dan UKM untuk memasang iklan di belibu.com," katanya.

Layanan yang baru diperkenalkan bulan lalu sudah memiliki 5200 anggota aktif. Layanan itu juga memiliki divisi customer relationship yang bertugas mengedukasi layanan itu dan mencari UKM yang memiliki potensi tapi tidak tahu cara memasarkan melalui Internet atau bagi mereka (UKM) yang masih gagap teknologi.

"Fungsi divisi ini sangatlah penting bukan saja mereka menerangkan layanan ini melalui sms, email bahkan surat pos tapi juga mencari-cari UKM yang berpotensi dengan langsung datang ke daerah asal mereka.

belibu.com sudah memiliki road map daerah mana saja di Indonesia yang akan dikunjungi. Sejauh ini baru daerah Bogor dan sekitarnya tapi mendatang layanan itu akan menyasar semua daerah di Indonesia.

"Jawa Timur menyimpan hasil kerajinan UKM yang unik seperti Malang dan Pacitan dengan gerabahnya," katanya.

Sebagaimana layanan commerce lainnya, belibu.com menawarkan berbagai fitur antara lain:

* Fitur Pasang Info Usaha, untuk memasang, mendeskripsikan dan mempromosikan tentang usaha anda, baik foto, tulisan dan foto. Fitur Profil Entrepreneur, untuk memuat kisah sukses, kiat-kiat usaha yang akan memotivasi dan memberi inspirasi kepada orang lain. Fitur Rubrik Hari Ini, mengajak orang untuk menuliskan artikel-artikel menarik, aktual dan edukatif.

* Ada juga Fitur Share dan Sosial Media, suatu tempat dimana anda dapat saling berinteraksi dengan orang lain, menjadikan mereka teman, berbagi informasi tentang banyak hal, berbagi foto dan mempeluas jaringan usaha anda.

"Fitur ini tidak jauh berbeda dengan Facebook dari mencari teman, mengunggah foto dan memberikan komentar," katanya.

* Kemudian, Fitur Kolom Info Usaha dan Iklan Baris, anda bisa mencari info usaha di Indonesia. Kolom Dari Sang-Ahli, untuk mendapatkan informasi, motivasi dan solusi tentang berbagai masalah dan langsung diasuh para kontributor ahlinya.

"Salah satu pakarnya, Bapak Mario Teguh yang terkenal dengan Golden Ways," katanya.

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011