Magelang (ANTARA News) - Berbagai stasiun pengisian bahan bakar umum di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mendapat tambahan jatah pasokan bahan bakar minyak untuk antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat saat Lebaran 2011.

"Tambahan pasokan BBM ini untuk mengantisipasi peningkatan permintaan menjelang dan sesudah Lebaran," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Pemkab Magelang Wibowo Setyo Utomo, di Magelang, Jumat.

Ia mengatakan, tambahan pasokan BBM itu meliputi pertamax dan pertamax plus masing-masing 200 persen dari bulan sebelumnya, sedangkan premium dan solar sebesar 25 persen.

Pada kesempatan itu Wibowo yang didampingi Kepala Bidang Distribusi dan Perlindungan Konsumen Disdagsar Pemkab Magelang Bintoro tidak menyebut secara rinci jatah pasokan BBM di daerah itu setiap bulan.

Ia mengatakan, daerah ini juga mendapatkan cadangan BBM sebanyak lima truk tangki yang masing-masing berkapasitas 16 ribu kiloliter sejak H-10 hingga H+10 Lebaran.

Ia mengatakan, lima truk tangki BBM itu rencananya disiagakan di Secang. "Jika setiap saat ada laporan SPBU yang kehabisan stok, akan dikirim melalui truk tangki itu," katanya.

Belum lama ini, katanya, pihaknya berkoordinasi dengan Pertamina di Yogyakarta membicarakan rencana tambahan pasokan BBM selama Lebaran.

Ia juga mengatakan Kabupaten Magelang mendapatkan tambahan pasokan gas elpiji minimal sebesar 10 persen dari jatah bulanan, sedangkan pada 14, 21, 28 Agustus dan 4 September 2011 sebesar 100 persen dari alokasi harian.

Ia mengatakan, teknis penyaluran elpiji diatur oleh sembilan agen yang tersebar di berbagai tempat di Kabupaten Magelang.

"Sembilan agen secara teknis telah menyiapkan pengaturannya," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat mendapat jaminan pasokan BBM dan elpiji secara lancar dan aman selama Lebaran 2011.

"Kami berupaya memberikan jaminan pasokan BBM dan elpiji aman dan lancar sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," katanya. (M029*H018/E005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011