Jakarta (ANTARA) - Pemberitaan bidang ekonomi yang menarik perhatian pada Jumat kemarin (18/2.2022), mulai dari Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memerintahkan Tim Kementerian Perdagangan untuk menjaga pasokan minyak goreng selama 24 jam hingga perampingan jumlah perusahaan BUMN dari 41 BUMN menjadi 37 BUMN dalam dua tahun ke depan.

Berikut ini lima berita ekonomi menarik pilihan ANTARA:

1. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memerintahkan Tim Kementerian Perdagangan untuk terus melanjutkan pengawasan dan pemantauan lapangan selama 24 jam di seluruh Provinsi agar masyarakat bisa memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau.

"Saya telah memerintahkan Tim Kemendag untuk terus melanjutkan pengawasan dan pemantauan lapangan selama 24 jam di seluruh Provinsi agar tidak ada lagi kendala dan hambatan distribusi minyak goreng yang ditemui di lapangan, dan pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau dapat tersedia untuk masyarakat," kata Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya: Mendag pastikan jajaran jaga pasokan minyak goreng 24 jam


2. Menteri BUMN Erick Thohir kemungkinan akan kembali melakukan perampingan jumlah perusahaan BUMN dari 41 BUMN menjadi 37 BUMN dalam dua tahun ke depan.

"Saya mungkin dua tahun ke depan masih bisa (merampingkan) dari 41 perusahaan BUMN menjadi 37 perusahaan BUMN," ujar Erick Thohir dalam webinar di Jakarta, Jumat (18/2).

Selengkapnya:  Erick Thohir kemungkinan akan kembali merampingkan jumlah BUMN

 

3. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan terdapat tiga negara miskin yaitu Chad, Zambia, dan Ethiopia yang meminta keringanan pembayaran utang mereka kepada negara anggota G20.

“Ini ada tiga negara yang memang sedang dalam proses negosiasi kondisi utang mereka yang tidak sustainable yaitu Chad, Zambia, dan Ethiopia,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Presidensi G20 Indonesia di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya:  Sri Mulyani: 3 negara minta keringanan utang ke G20

 

4. Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi mendorong Kawasan Batam menjadi hub kegiatan maritim dan perekonomian dengan pembangunan Batam New Port di Tanjungpinggir Sekupang.

"Kami harapkan Batam bisa menjadi hub untuk kegiatan kemaritiman dan perekonomian dengan standar 'green and smart port' sehingga akan didesain untuk jangka waktu hingga 2045 dari segi IT, lingkungan, pembangunan yang berkelanjutan dan termasuk keberpihakan dari pada 'climate change', jadi desain sesuai standar internasional," kata Penasehat Menteri Bidang Pertahanan dan Keamanan Maritim Kemenko Marves Laksamana TNI (Purn) Marsetio di Batam, Jumat.

Selengkapnya:  Kemenko Marves dorong Batam jadi hub maritim

 

5. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kemitraan yang terjalin antara pemerintah dengan Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dapat mendukung agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia.

Penguatan itu menjadi salah satu pembahasan utama antara Menko Airlangga Hartarto dengan Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann yang berlangsung secara virtual.

Selengkapnya:  Menko Airlangga: Kemitraan RI-OECD bantu prioritas Presidensi G20


Baca juga: Kemarin Kemenhub siapkan bandara pendukung MotoGP dan ekonomi RI pulih
Baca juga: Kebijakan antisipasi harga kedelai dan penghapusan kemiskinan kemarin
Baca juga: Kemarin, ekspor mobil ke Australia dan surplus neraca perdagangan


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022