Jakarta (ANTARA News) - Calon Presiden Inter Parliamentary Union (IPU) atau Parlemen Dunia Nurhayati Ali Assegaf  menunggu restu dari pimpinan DPR RI terkait dengan pencalonannya sebagai Presiden IPU.

"Saya menunggu restu dari pimpinan DPR RI dan diharapkan awal masa persidangan DPR RI yang dimulai tanggal 15 Agustus 2011 sudah mendapat rekomendasi dari pimpinan DPR RI," kata Nurhayati saat dihubungi, Jakarta, Kamis.

Nurhayati yang saat ini sedang melakukan kunjungan kerja di daerah pemilihan Malang Raya meyakini, dukungan dari pimpinan DPR RI itu akan berjalan mulus dan tidak terkendala apapun.

"Sebab pimpinan DPR RI juga selalu mendukung peran diplomasi yang dilakukan oleh Indonesia dan pimpinan DPR RI sendiri juga melakukan kunjungan muhibah ke luar negeri dalam rangka meningkatkan diplomasi," kata anggota Komisi I DPR RI itu.

Sebagai contoh dari bentuk peran diplomasi yang dilakukan oleh pimpinan DPR RI adalah rencana Ketua DPR RI Marzuki Ali yang akan menerima jabatan sebagai Inter Parliamentary Asean di Kamboja dan Presiden Negera-Negara Islam pada September mendatang.

Sementara itu, anggota Komisi I DPR RI Erlangga Hartarto mendukung pencalonan Nurhayati sebagai calon Presiden IPU tersebut. "Ketua DPR RI Marzuki Alie diharapkan secepatnya mengirim surat kepada IPU terkait pencalonan Nurhayati yang sudah disetujui oleh parlemen dari negera-negara kawasan Asia Pacifik," kata Erlangga.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011