Yogyakarta (ANTARA News) - Forum Silaturahmi Wartawan Muslim Yogyakarta bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Yogyakarta, selama Ramadhan 2011 menyelenggarakan pelatihan membaca Alquran dari tingkat dasar.

"Kegiatan yang berlangsung di Kantor PWI Cabang Yogyakarta itu diikuti oleh umat muslim maupun wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Yogyakarta dan keluarganya," kata Ketua Forum Slaturahmi Wartawan Muslim Yogyakarta, Burhanuddin ZR di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pelatihan bagi pemula yang diselenggarakan pada Ramadhan tahun ini diikuti 130 orang peserta itu dimaksudkan agar peserta dapat mengenali dan membaca secara benar ayat-ayat Alquran.

"Kegiatan ini yang ke sembilan kalinya diselenggarakan Forum Silaturahmi Wartawan Muslim Yogyakarta dan PWI Cabanng Yogyakarta, kata Burhanuddin ZR.

Menurut dia, berdasarkan evaluasi pelaksanaan pelatihan selama ini ternyata antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini cukup besar dan tiap tahun pesertanya meningkat jumlahnya.Mereka tidak saja berasal dari Yogyakarta tetapi juga dari sejumlah daerah di Provinsi Jawa Tengah.

"Kegiaan rutin tiap Ramadhan ini dimaksudkan untuk ikut mencerdasakan umat muslim dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari termasuk mengamalkan kitab suci Alquran.Pelatihan dipandu oleh para ustadz dari Yayasan Annur Yogyakarta yang dipimpin oleh ustadz Kamaludin,"katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Yogyakarta, Sihono HT mengatakan, berlatih membaca Alquran tidak mengenal kata terlambat.Jadi dalam usia berapapun tidak menjadi masalah selama masih ada keinginan untuk belajar.

"Meskipun usia sudah tua namun jika ada niat dan kemauan yang kuat maka semua akan menjadi mudah. Selain itu, hendaknya membuang jauh perasaan malu untuk mempelajari membaca Alquran meskipun sudah diusia senja,"katanya.(*)

(U.H008/S006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011