Padang (ANTARA News) - Tiket pesawat Lion Air rute Padang-Jakarta untuk keberangkatan 24 hingga 26 Agustus atau awal-awal libur bersama Lebaran, telah habis terjual.

"Penjualan tiket promo pada dua tanggal itu telah habis dan hanya menyisakan kelas ekonomi yang harganya kisaran Rp591 ribu hingga Rp1,3 Juta," ungkap Ola Khairunnisa bagian penjualan tiket salah satu agen tour perjalanan di Kota Padang, Senin.

Menurut dia, permintaan tiket tersebut telah dipesan jauh hari sebelum masuknya bulan puasa atau sekitar 3 bulan yang lalu. Saat ini, permintaan tiket pesawat menjelang mudik masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya atau belum mengalami peningkatan

Biasanya, lanjutnya, permintaan tiket mudik lebaran ini akan terus mengalami peningkatan dan puncaknya akan terjadi sepekan menjelang lebaran karena harga tiket pesawat berfluktuasi tergantung waktu dan permintaan pasar.

"Kita tidak dapat memprediksi kenaikan harganya, bisa jadi hari ini mengalami lonjakan atau malah sebaliknya harga tiket turun signifikan," kata Ola

Ia menambahkan, ada empat maskapai penerbangan untuk jurusan Padang - Jakarta, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air, dan Sriwijaya Air.

Sementara, harga tiket keempat pesawat tersebut bervariasi tergantung waktu dan kelasnya. Harga tiket pesawat Lion Air Padang - Jakarta sebesar Rp 492 ribu hingga Rp 1,3 juta dan terbang 6 kali sehari. Pesawat Batavia Air seharga Rp 441 ribu sampai 554 ribu dan terbang dua kali sehari.

Untuk tiket garuda Indonesia dibandrol Rp 480 ribu sampai Rp855 ribu serta Sriwijaya Air sebesar Rp 550 - 950 ribu. Keduanya juga terbang dua kali sehari.

"Sampai saat ini pesawat yang paling banyak diminati adalah Lion Air," kata Ola dan menambahkan bahwa tidak tertutup kemungkinan maskapai menambah jadwal penerbangan jika permintaan tiket terus melonjak.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011