Washington (ANTARA News) - Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA) Senin mengumumkan pendanaan atas 30 proyek ruang angkasa baru, termasuk cara-cara untuk melindungi astronot dari radiasi ruang angkasa, membersihkan puing ruang angkasa dan memperbaiki teknologi pakaian antariksa.

Setiap usul akan mendapat 100.000 dolar AS pembiayaan selama periode satu tahun sebagai bagian dari Konsep Maju Inovatif NASA (NIAC), kata badan itu dalam sebuah pernyataan, lapor AFP.

"Konsep-konsep inovatif ini memiliki potensi untuk matang menjadi kemampuan-kemampuan transformatif yang NASA butuhkan untuk memperbarui operasi misi ruang angkasa kami sekarang ini, menyemai terobosan teknologi yang dibutuhkan bagi misi ruang angkasa yang menantang pada masa depan oleh NASA," kata kepala ahli teknologi NASA Bobby Braun.

Proyek lain dalam daftar itu termasuk teknologi pencetakan tiga dimensi untuk menciptakan tempat kawalan luar planet, dan berbagai cara untuk meningkatkan misi eksplorasi pada masa depan, termasuk penggunaan tenaga solar dan nuklir.

NIAC, pada awalnya dikenal sebagai Lembaga NASA untuk Konsep-konsep Terdepan, beroperasi dari 1998 hingga 2007 sebagai forum independen "untuk melengkapi konsep aktivitas terdepan di NASA", kata badan ruang angkasa itu.

Proyek tersebut dihentikan untuk ditinjau kembali pada 2008 dan diadakan lagi untuk tahun fiskal 2011 "guna menyelidiki konsep maju yang visioner, mencapai jauh, sebagai bagian dari misi badan itu. (S008/C003/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011