Total warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada hari Sabtu (12/2) ini mencapai 125 orang, tersebar di delapan kecamatan
Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Satgas COVID-19 menyatakan sebanyak 125 orang di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil uji laboratorium polymerase chain reaction (PCR).

"Total warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada hari Sabtu (12/2) ini mencapai 125 orang, tersebar di delapan kecamatan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra, di Sungailiat, Sabtu.

Ia mengatakan ratusan warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut sudah termasuk tambahan temuan kasus harian sebanyak 22 orang atau mengalami kenaikan jumlah kasus yang sama dibandingkan Jumat, (11/2) yang hanya sebanyak 16 orang.

Di wilayah Kecamatan Sungailiat terdapat 53 kasus aktif COVID-19, Riau Silip 10 kasus aktif, Puding Besar satu kasus, Pemali 15 kasus, Merawang 19 kasus.

"Kemudian di Kecamatan Mendo Barat terdapat tujuh kasus, Belinyu 16 kasus dan di wilayah Kecamatan Bakam hanya ditemukan satu kasus," katanya.

Ia menambahkan total angka kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka selama hampir dua tahun, mencapai 9.979 kasus, 9.490 sembuh, 364 meninggal dunia serta 125 kasus COVID-19 yang saat ini menjalani perawatan intensif baik rumah sakit rujukan ataupun di balai isolasi yang di sediakan pemerintah daerah.

"Sebaran kasus COVID-19 diketahui baik dari transmisi lokal yang kontak erat dengan pasien COVID-19 maupun ada sejumlah riwayat perjalanan," katanya.

Dia mengingatkan semua masyarakat harus disiplin menerapkan prokes dan segera di vaksin bagi yang belum memperolehnya baik dosis pertama dan dosis kedua.

"Jika ada warga yang mengalami gangguan kesehatan seperti demam atau lainnya segera ke pusat layanan kesehatan terdekat guna memperoleh perawatan," demikian Boy Yandra.

Baca juga: Kapolri minta Forkopimda Babel antisipasi lonjakan COVID-19

Baca juga: Satgas COVID-19 Bangka nyatakan dua pasien terpapar Omicron

Baca juga: Seorang pasien positif COVID-19 di Belitung meninggal dunia

Baca juga: Kasus aktif di Bangka bertambah 13 orang

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022