Jakarta (ANTARA News) - Badan pemeriksa keuangan (BPK) negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan membentuk Asosiasi Lembaga Pemeriksa dalam rangka meningkatkan kerja sama untuk memberikan kontribusi pada pencapaian sasaran dan tujuan kawasan bersama.

Keterangan tertulis Biro Hubungan Masyarakat dan Luar Negeri Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan, dasar pembentukan asosiasi ini telah dibahas dalam pertemuan teknis di Hotel Atlet Century Park Jakarta pada 25 hingga 27 Juli 2011.

Pendirian Asosiasi Lembaga Pemeriksa di tingkat Asia Tenggara atau The Association of Southeast Asian Nations Organization of Supreme Audit Institutions (ASEAN SAI) ini sesuai dengan sasaran pendirian Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

"Pendirian ASEAN SAI sesuai dengan sasaran ASEAN untuk mendirikan Komunitas ASEAN 2015 (ASEAN Community in 2015). Hal ini membutuhkan kerja sama yang lebih dekat dan ditingkatkan oleh SAI atau BPK negara anggota ASEAN untuk berkontribusi dalam mencapai sasaran dan tujuan ASEAN," sebut Anggota II BPK RI, Taufiequrachman Ruki.

Taufiequrachman Ruki membuka pertemuan teknis pembentukan ASEAN SAI di Hotel Atlet Century pada 25 Juli 2011. Pertemuan teknis ini dihadiri Direktur Jenderal Kerja sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Djauhari Oratmangun dan para delegasi badan pemeriksa keuangan sembilan negara anggota ASEAN yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Menurut Taufiequrachman Ruki, pertemuan teknis tersebut merupakan batu loncatan penting dalam persiapan pendirian ASEAN SAI.

Kegiatan pertemuan teknis bertujuan untuk mendiskusikan mengenai ASEAN SAI Charter dan mengumpulkan persepsi yang sama untuk pertemuan ASEAN SAI selanjutnya. Rencananya ASEAN SAI akan dideklarasikan di Bali pada KTT ASEAN November 2011.

Saat ini, badan pemeriksa keuangan negara-negara anggota ASEAN merupakan anggota dari Asosiasi Lembaga Pemeriksa di tingkat Asia (Asian Organization of Supreme Audit Institution/ASOSAI) dan International Organization of Supreme Audit Institution/INTOSAI).

INTOSAI dan ASOSAI lebih menekankan kegiatan pada pengembangan kapasitas badan pemeriksa di tingkat internasional dan Asia, sehingga tidak terfokus pada pengembangan kapasitas bagi badan pemeriksa negara anggota ASEAN.

INTOSAI dan ASOSAI juga tidak fokus pada isu-isu pemeriksaan yang penting dan berkembang di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN SAI merupakan asosiasi lembaga pemeriksa yang dirancang menjadi sebuah forum untuk meningkatkan kapasitas dan kerja sama teknis di antara SAI negara-negara anggota ASEAN, serta untuk mendukung ASEAN dalam memajukan tata kelola pemerintahan yang baik.

ASEAN SAI diharapkan dapat meningkatkan peran auditor eksternal dalam rangka mendukung tata kelola pemerintahan yang baik di ASEAN.
(T.A039/S004)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011