Jakarta (ANTARA News) - Kawasan sepanjang Jl Jenderal Sudirman-Jl. M.H. Thamrin sebagai jantung ibu kota Jakarta dipenuhi para pengguna sepeda yang antusias menikmati hari bebas kendaraan alias car free day pada Minggu (31/7) menjelang puasa Ramadhan.

Pantauan ANTARA di lapangan di Jakarta, Minggu, ratusan pengguna sepeda memadati kawasan sepanjang Jl Sudirman hingga Jl MH. Thamrin untuk menikmati hari bebas kendaraan bermotor.

Di beberapa titik, seperti Tosari dan sebelum Bundaran HI, sejumlah stand mendirikan panggung hiburan untuk mempertontonkan pertunjukan musik dari penyanyi lokal ibu kota. Sejumlah warga masyarakat berkumpul untuk turut serta meramaikan pertunjukan itu.

Tidak hanya masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan yang ikut serta meramaikan car free day.

Namun, banyak dari mereka yang berasal dari luar Jakarta datang ke kawasan bebas kendaraan. Sejumlah pengguna sepeda yang berasal dari Depok juga tidak ingin ketinggalan, mereka berangkat menggunakan kereta api Commuter Line dan melipat sepeda mereka untuk kemudian dikendarai setelah sampai di Stasiun Sudirman.

Sampai pukul 10.00 WIB, suasana di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin masih dipadati pengguna sepeda dan beberapa pejalan kaki.

Program hari bebas kendaraan bermotor dilaksanakan hari minggu terakhir setiap bulan di Jakarta diselenggarakan hari bebas kendaraan bermotor di kawasan Jl. Sudirman dan Jl. Thamrin, dimana hanya pejalan kaki dan masyarakat yang bersepeda/sepeda listrik yang boleh memasuki koridor tersebut kecuali menggunakan angkutan umum termasuk busway masih bisa tetap beroperasi.

Hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta berlangsung dari pukul 06:00 WIB sampai 12:00 WIB.

Pada Minggu (31/7) pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor semakin disambut positif menjelang Bulan Ramadhan tahun ini.
(H016)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011