Chicago (ANTARA News/AFP) - Mantan pemain internasional Jerman Jurgen Klinsmann ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional Amerika Serikat, Jumat, menggantikan Bob Bradley dengan misi utamanya lolos ke Piala Dunia 2014.

"Saya merasa bangga dan terhormat ditunjuk sebagai kepala pelatih tim nasional sepak bola putra Amerika Serikat," kata Klinsmann, yang akan berusia 47 tahun pada Sabtu, kepada US Soccer.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih pada Federasi Sepak Bola Amerika Serikat untuk kesempatan ini dan saya sangat bersemangat menghadapi tantangan di depan."

"Saya sudah tidak sabar untuk membawa tim bersama untuk pertandingan kami mendatang melawan Meksiko (pada 10 Agustus di Philadelphia) dan memulai jalan kami menuju kualifikasi Piala Dunia 2014."

Presiden Sepak Bola Amerika Serikat Sunil Gulati mengungkapkan kegembiraannya soal penunjukkan pelatih tersebut dengan mengatakan,"Kami sangat gembira memiliki Jurgen sebagai kepala pelatih tim nasional putra kami."

"Dia seorang pemain dan pelatih yang sangat berhasil dengan pengalaman dan pengetahuan untuk memajukan program. Jurgen sudah sukses di beberapa area permainan dan kami sangat menantikan kepemimpinan yang akan dia berikan di dalam dan di luar lapangan," katanya.

Sebagai pemain, Klinsmann memenangi Piala Dunia 1990 dan Kejuaraan Eropa 1996, dan juga seorang pencetak gol yang produktif di tingkat klub bagi Stuttgarter Kickers, VfB Stuttgart, Inter Milan, Monaco, Tottenham Hotspur, Bayern Munich, dan Sampdoria.

Dia sudah berpengalaman melatih di tingkat internasional dengan membawa Jerman ke posisi ketiga pada Piala Dunia 2006 di negaranya sendiri.

Namun, bagaimanapun juga dia dipecat dari posisi kepelatihannya yang terakhir di Bayern Munich lima pertandingan sebelum akhir musim 2008/09, dan tidak melatih lagi setelah itu, lebih memilih mencurahkan waktunya pada perannya sebagai seorang rekan sebuah konsultan pemasaran olahraga.

Klinsmann sangat familiar dengan Amerika Serikat karena sempat pindah ke Kalifornia dengan istrinya yang orang Amerika Serikat, setelah pensiun bermain sepak bola pada 1998.(*)
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011