Jayapura (ANTARA News) - Mantan Wali Kota Jayapura, MR Kambu, diberi mandat untuk menangani Persipura Jayapura hingga perhelatan AFC Cup usai oleh Wali Kota terpilih yang nota bene adalah ketua panitia penyelenggara tim `mutiara hitam,` Benhur Tomi Mano.

"Untuk kedepan (sementara) saya memberikan kesempatan kepada bapak MR Kambu untuk membawa Persipura menyelesaikan sisa pertandingan diajang AFC Cup yang akan berlangsung September mendatang, karena saya sementara waktu akan fokus mengurus pemerintahan," katanya di Jayapura, Jumat.

Dikatakannya, melaui hasil musyawarah yang dilakukan bersama klub-klub yang ada dibawah naungan tim kebanggan masyarakat Papua itu, dimana diputuskan ketua umum Persipura yang akan datang yakni Wali Kota terpilih.

"Sesuai hasil musyawarah bersama, ketua umum Persipura yang akan datang adalah Wali Kota terpilih," katanya.

Selain itu, alumni APDN Jayapura 1989 juga mengatakan dalam musyawarah tersebut juga telah dibentuk badan formatur guna menyusun kepengurusan Persipura Jayapura, yang didalamnya terdiri dari MR Kambu, Bahtiar, Jhon Betaubun dan Muhamad Isak.

"Mereka ini yang akan berkompeten untuk menyusun kepengurusan Persipura Jayapura, mulai dari Tim dan Manajemen, ketua Panpel dan kepengurusan lainnya," katanya.

Mano juga mengungkapkan sesuai dengan informasi yang diterima oleh pihaknya bahwa kedepan klub-klub profesional LSI tidak lagi mendapatkan dana segar dari APBD, dan hal ini telah dibicarakan dengan pengurus dan manajemen Persipura.

"Untuk itu,kami akan mencari sponsor. Dan saat ini sudah ada yang berminat," katanya tanpa menyebutkannya.

Ketika ditanya apakah akan dibangun mes dan tempat/lapangan untuk latihan Persipura, dengan bijak Mano akan menyurati mengatakan hal itu akan ditentukan dengan APBD yang tesedia dan tentunya harus ada persetujuan dewan.

"Ada lapangan Trikora dan Argapura, tentunya kami akan menuyurati pihak terkait dan hal ini masih perlu dilihat dulu dan disesuaikan dengan APBD kota," katanya. (ANT185/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011