Jakarta (ANTARA News) - PT Semen Padang berencana menggelar liga antarklub di Sumatera Barat pada tahun ini.

"Kami akan menggelar kompetisi lokal antarklub di Sumbar, Saat ini masig digodok termasuk soal jadwal pelaksanaannya apakah dapat digelar pada tahun ini," kata Direktur utama PT Semen Padang Munadi Arifin usai penandatangan kerja sama PSSI dan lima BUMN serta SCTV sebagai "media partner" mendukung Timnas SEA Games 2011 di Jakarta, Kamis.

Menurut Munadi, Liga Semen Padang ini akan diikuti klub-klub lokal yang ada di Sumbar. "Kompetisi lokal antarklub ini termasuk format kompetisi masih kita bahas," ucapnya.

Ia menegaskan, kompetisi ini diharapkan menggali potensi pemain-pemain sepak bola yang ada di Sumbar yang selama ini mungkin belum maksimal tergarap, karena minimnya kompetisi.

Munadi menuturkan, Liga Semen Padang ini akan menjadi agenda tetap di Sumbar.

"Saat ini Klub Semen Padang FC berkibar di kompetisi kasta tertinggi, maka sepak bola akar rumput di daerah tidak boleh kita lupakan. Karena ini juga menjadi kewajiban dan tanggung jawab PT Semen Padang untuk membangun sepak bola di daerah ini," kata Munadi, yang baru satu bulan bertugas sebagai Dirut menggantikan Widodo Santoso.

Widodo Santoso sendiri maju menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2011-2015.

Sementara konsorsium lima BUMN resmi mendukung PSSI dalam melakukan pembinaan timnas sepak bola yang akan turun pada SEA Games (SEAG) 2011, 11-22 November 2011.

Lima BUMN yang mendukung dana pembinaan sepak bola terutama untuk SEA Games 2011 di Palembang dan Jakarta meliputi Bukit Asam, Bank Mandiri, PT Telkom Indonesia, Pertamina dan Semen Padang.

Direktur Utama Semen Padang Munadi Arifin menegaskan, sepak bola merupakan cabang olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat dan hingga saat ini Semen Padang terus memberikan dukungan.

"Kami juga membina klub yang turun di Indonesia Super League (ISL), bahkan mampu finis di urutan keempat. Ini salah satu bentuk dukungan kami selain ke timnas," ujarnya.

(T009/C004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011