Merak (ANTARA News) - Polda Banten pada Senin (25/7) akan melakukan rapat koordinasi mengenai "Operasi Ketupat 2011" di Mabes Polri yang diterapkan H-7 sampai H + 7 lebaran Idul Fitri 1432 H.

Kepala Biro Operasi Polda Banten Kombes Budiarto usai melakukan rapat koordinasi persiapan lebaran dengan PT ASDP Cabang Utama Merak, Lanal Banten, KPLP di Merak, Rabu, menjelaskan, rapat di Mabes diharapkan memberikan hasil lebih baik.

Dalam persiapan operasi ketupat, pihak Polda Banten secara internal sudah melakukan pembahasan mengenai berapa jumlah personel yang akan diterjunkan, akan tetapi angka tersebut baru bisa disampaikan setelah dilakukan koordinasi dengan pihak Mabes Polri di Jakarta.

"Angka pastinya nanti baru bisa disampaikan setelah dirapatkan dengan pihak Mabes dan seluruh Polda se Indonesia, khawatir kalau kami sebutkan sekarang angkanya akan berubah," katanya.

Namun yang jelas angka itu tidak akan berebda dari jumlah personel pada saat operasi ketupat tahun 2010.

"Nanti saja, apakah itu angkanya sama dengan operasi ketupat tahun lalu, atau tidak, nanti akan finasl setelah dilakukan koordinasi dengan pihak Mabes Polri, yang rencananya akan dipimpin langsung oleh Bapak Kapolri," katanya menambahkan.

Terpisah, Kapolres Cilegon, AKBP Umar Surya Fana menjelaskan, persiapan operasi ketupat tahun 2011, sudah dilakukan oleh jajarannya.

"Rapat-rapat persiapan untuk operasi ketupat lebaran tahun ini sudah kami lakukan," katanya singkat.

kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, mengakui dalam persiapan arus mudik dan balik lebaran, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Rapat Koordinasi dengan pihak Polda Banten tadi, kami akan dibantu pengamanannya di dalam pelabuhan, agar pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini lancar," kata La Mane.  (ANT152/M027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011