Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel dalam pembicaraan Selasa menyepakati perlunya menyelesaikan krisis keuangan zona euro untuk kebaikan ekonomi global, kata Gedung Putih.

Kedua pemimpin membahas krisis zona euro melalui telepon dua hari menjelang pertemuan puncak penting Eropa tentang bagaimana merumuskan paket penyelamatan kedua untuk Yunani, yang dikhawatirkan bisa default (gagal bayar) pada 350 miliar euro (500 miliar dolar AS) utangnya, lapor AFP.

"Presiden berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel pagi ini melalui telepon tentang krisis zona euro sebelum pertemuan Dewan Eropa pada tanggal 21 Juli," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

"Mereka sepakat bahwa perjanjian yang efektif dengan krisis ini adalah penting untuk mempertahankan pemulihan ekonomi di Eropa maupun bagi perekonomian global."

Merkel pada Selasa memperingatkan bahwa pembicaraan mungkin tidak menghasilkan dramatis, mencakup semua solusi untuk masalah ini, yang telah pasar khawatirkan bahwa Athena bisa default dan memicu reaksi berantai seluruh negara-negara Eropa terlemah.

Obama juga mengucapkan selamat kepada Merkel untuk tuan rumah Sepakbola Jerman Piala Dunia Perempuan selama sebulan terakhir. Jepang mengalahkan tim favorit AS di final pada Minggu. (A026/A027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011