Jakarta (ANTARA News) - Lebih banyak lagi orang yang akan membeli komputer tablet dan smartphone tahun ini, akan mendorong pendapatan sektor elektronik konsumen mencapai rektor tertinggi 190 miliar dolar pada 2011, menurut perkiraan baru dari kelompok perdagangan industri terkemuka.

Penjualan komputer tablet seperti iPad Apple Inc dan para pesaingnya akan mencapai 26,5 juta unit, menyumbang 14 miliar dolar bagi pendapatan, Consumer Electronics Association mengatakan dalam sebuah laporan yang dirilis baru-baru ini.

Penjualan ponsel pintar akan meningkat sebesar 45 persen menjadi 23 miliar dolar.

"Satu tahun lalu, tablet masih mejadi anggota baru di pasar dan belum terbukti, tapi sekarang tablet bersama dengan perangkat yang terhubung mobile termasuk ponsel pintar dan e-reader memimpin seluruh industri untuk pertumbuhan positif," kata Steve Koenig, direktur grup industri analisis dalam sebuah pernyataan.

Jumlah pelanggan industri elektronik akan meningkat sekitar 5,6 persen pada tahun ini, angka itu diatas rata-rata pertumbuhan PDB Amerika Serikat sebesar 2,4 persen. Pendapatan pengiriman barang juga akan naik tahun depan dengan nilai penjualan tertinggi sepanjang masa 197 milyar dolar.

Penjualan unit e-reader, seperti Amazon.com's Kindle, akan melipat gandakan keuntungan senilai 1,8 miliar dolar.

Koening mengatakan, perangkat mobile telah meningkatkan pendapatan bagi industri ketika produk lain seperti TV layar datar menunjukkan penurunan.

Studi itu menemukan sekitar 88 persen rumah tangga AS memiliki satu TV digital. Karena itu, penjualan TV diperkirakan jatuh pada tahun ini dengan pendapatan lebih dari 18 miliar dolar.

TV yang terhubung ke Internet akan merambah negara-negara berkembang dengan lebih 10,4 juta unit pengiriman tahun ini. Meskipun adopsi teknologi 3D yang masih lambat, TV 3D akan dikirim 3,6 juta unit, naik dari 1,9 juta unit dari tahun lalu.

Apple akan merilis hasil pendapatan kuartalan pada Selasa, termasuk angka penjualan iPad 2. Wall Street memperkirakan Apple telah menjual sekitar 8 juta iPad baru pada kuartal ini, demikian dilaporkan Reuters.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011