Peningkatan jumlah arus mudik menggunakan sepeda motor berdasarkan penambahan permintaan pembelian motor.
Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor pada musim arus mudik 2011 mengalami kenaikan 15 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Peningkatan jumlah arus mudik menggunakan sepeda motor berdasarkan penambahan permintaan pembelian motor," kata Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Royke Lumowa, di Jakarta, Selasa.

Royke mengatakan indikasi peningkatan pemudik menggunakan sepeda motor juga disebabkan habis penjualan tiket kereta api pada kelas tertentu.

Polda Metro Jaya mencatat jumlah pemudik sepeda motor pada musim arus mudik 2010 mencapai 375.000 unit dan permintaan pembelian motor mencapai 900 unit per harinya.

Royke menyebutkan pemudik menggunakan sepeda motor berasal dari wilayah Tangerang, Bogor, Depok, Bekasi dan sekitar Jakarta.

Sedangkan kota yang dituju pemudik menuju daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, serta sejumlah kota di Sumatera.

Royke menyatakan peningkatan jumlah pemudik akan berdampak terhadap penambahan jumlah pelanggaran dan potensi kecelakaan lalulintas.

Royke mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik ke kampung halamannya, guna mengurangi kecelakaan lalulintas.

Selain itu, polisi juga berharap pemerintah menyediakan transportasi massal untuk mengantarkan pemudik ke kampung halamannya.

Sedangkan, Polda Metro Jaya akan menempatkan petugas pada lokasi yang dianggap rawan macet dan kecelakaan lalu lintas.

(T014)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011