Investor menyadari bahwa mereka terlalu sensitif terhadap risiko dan membeli kembali saham yang telah oversold
Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang ditutup lebih tinggi pada perdagangan Rabu, karena reli Wall Street semalam meningkatkan selera risiko, mendorong investor untuk mengambil saham-saham yang dijual bulan lalu serta yang memiliki prospek kuat.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) terangkat 1,68 persen atau 455,12 poin menjadi menetap di 27.533,60 poin, sedangkan indeks Topix yang lebih luas menguat 2,14 persen atau 40,50 poin menjadi berakhir di 1.936,56 poin.

Ketiga indeks acuan Wall Street menguat semalam, karena investor mencerna pendapatan yang kuat dari perusahaan-perusahaan besar AS terhadap data ekonomi yang beragam dan kekhawatiran inflasi.

"Investor menyadari bahwa mereka terlalu sensitif terhadap risiko dan membeli kembali saham yang telah oversold," kata Ikuo Mitsui, fund manager di Aizawa Securities.

"Juga, investor menjadi lebih responsif terhadap berita positif sehingga mereka membeli saham dengan pendapatan yang kuat. Namun pasar telah naik ke tingkat di mana investor mungkin akan berhati-hati dan mulai menjual."

Keyence melonjak 6,18 persen, setelah pembuat peralatan aplikasi elektronik itu membukukan rekor laba operasi selama sembilan bulan hingga Desember.

Sony Group melonjak 4,93 persen menjelang laporan keuangannya setelah penutupan pasar, sementara saham terkait chip Tokyo Electron dan Shin-Etsu Chemical masing-masing terangkat 2,04 persen dan 4,45 persen.

Sektor penerbangan meningkat 4,99 persen, memimpin kenaikan di antara 33 subindeks industri bursa. ANA Holdings melonjak 6,21 persen, setelah maskapai dikejutkan dengan laba operasi kuartal ketiga yang kecil.

Isetan Mitsukoshi Holdings bertambah 5,52 persen, karena operator department store itu menaikkan prospek laba bersih tahunannya.

Aisin meningkat 4,0 persen setelah pemasok Toyota Motor itu mengatakan laba bersih sembilan bulannya meningkat lebih dari dua kali lipat.

Pemasok Toyota lainnya, Denso menghentikan kenaikan awal menjadi berakhir 0,91 persen lebih rendah setelah memangkas perkiraan laba operasional tahunannya.

Ada 199 kenaikan pada indeks Nikkei melawan 22 penurunan.

Volume saham yang diperdagangkan di papan utama Bursa Efek Tokyo mencapai 1,37 miliar, dibandingkan dengan rata-rata 1,15 miliar dalam 30 hari terakhir.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022