Ambon (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Multibilateral Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI menggelar Seminar Peluang Bekerja Mengisi Lowongan Jabatan Pada Organisasi-Organisasi Internasional, di Ambon, Senin.

Sekretaris Ditjen Multibilateral Kemenlu RI, Dominicus Supratikto, mengatakan, tujuan seminar, untuk meningkatkan rasa antusiasme dan menyebarluaskan informasi mengenai peluang bekerja pada organisasi internasional sebagai tenaga profesional, khususnya bagi para mahasiswa di kota Ambon dan Maluku pada umumnya.

"Tujuan seminar untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya masyarakat terutama putra putri asal Maluku yang ingin bekerja pada organisai internasional," kata Supratikto.

Ia mengakui peluang untuk menduduki berbagai posisi dan lowongan pekerjaan yang tersedia di organisasi-organisasi Internasional cukup besar khususnya pada tingkat profesional.

Dia menjelaskan, lulusan dari semua disiplin ilmu memiliki kesempatan yang sama, tidak hanya lulusan yang berasal dari jurusan Hubungan Internasional atau Hukum. Selain kualifikasi tertentu, yang paling penting adalah penguasaan Bahasa Inggris yang baik, sementara penguasaan bahasa asing PBB lainnya, seperti Bahasa Perancis, Arab, Rusia, China, dan Jepang merupakan nilai tambah.

"Disamping latar belakang pendidikan sesuai persyaratan harus sarjana, tetapi kemampuan berbahasa asing juga menjadi modal utama," ujarnya.

Ia mengakui putra putri Maluku mempunyai peluang kerja pada organisasi internasional sangat besar, hal ini dapat diukur dengan kesuksesan diplomat muda asal daerah ini yang berkarir di Kemenlu.

"Generasi Maluku multi talenta dan diperhitungkan di Kemenlu, mereka memiliki kemampuan diplomasi yang tidak perlu diragukan," katanya.

Supratikto menambahkan, Kemenlu aktif menyebarkan informasi mengenai berbagai lowongan kerja yang terbuka, termasuk melalui website Kemenlu, dan memberikan dukungan pada proses pelamaran untuk mengisi lowongan pada Organisasi Internasional.

Dia juga berharap melalui seminar tersebut, masyarakat Maluku dapat memanfaatkan kesempatan dan peluang bekerja di Organsisasi Internasional, sehingga putra-putri asal daerah ini yang bekerja pada Organisasi Internasional sebagai tenaga Profesional semakin meningkat.(*)

(T.M030/M012)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011