Saham United Tractor misalnya mengalami kenaikan harga cukup tajam sebesar Rp800 menjadi Rp25.450 yang diikuti saham Astra Internasional dan Gajah Tunggal yang naik tipis.
Jakarta (ANTARA News)- Pelaku pasar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis siang aktif melakukan pembelian saham sehingga mendorong indeks harga saham gabungan (IHSG) mengalami kenaikan 0,71 persen.

Indeks BEI naik 26,434 poin menjadi 3.935 poin dan indeks LQ-45 bertambah 5,201 poin atau 0,75 persen menjadi 697,835.

Analis PT Bali Securities, Ketut Tri Bayuna di Jakarta, Kamis mengatakan, pelaku pasar memburu saham-saham lapis dua dan tiga yang diperkirakan masih dapat bergerak naik. Namun saham-saham unggulan juga masih diburu seperti Astra Internasional setelah dua hari lalu mengalami koreksi cukup tajam.

Aksi pelaku pasar, menurut dia, karena pertumbuhan ekonomi global masih tak menentu setelah Lembaga Pemeringkat Asing, Moody`s menurunkan tingkat kredit Portugal.

"Kami optimis pelaku masih akan memburu saham-saham kecil yang harganya relatif kecil, " ucapnya.

Menurut dia, saham industri otomotif seperti Astra Internasional dan United Tractor diburu, karena kedua emiten saham itu masih menunjukkan kinerja yang cukup baik.

Saham United Tractor misalnya mengalami kenaikan harga cukup tajam sebesar Rp800 menjadi Rp25.450 yang diikuti saham Astra Internasional dan Gajah Tunggal yang naik tipis.

Sementara itu Analis PT Millenium Danatama Sekuritas, Ahmad Riyadi mengatakan, pelaku pasar optimis indeks BEI akan terus menguat yang didukung faktor internal yang makin membaik.

Apabila kondisi global membaik maka indeks akan menguat hingga menembus angka 4.000 poin. Pembelian saham itu juga karena emiten akan kembali melaporkan kinerja keuangan yang cenderung membaik, terutama saham perbankan yang dilaporkan meraih laba 23 persen pada tahun ini, katanya.

(H-CS)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011