Moenchengladbach, Jerman (ANTARA News/AFP) - Jerman mengalahkan Prancis 4-2 pada laga akhir Grup A dan penjaga gawang Prancis Berangere Sapowicz menjadi pemain pertama yang dikeluarkan dari lapangan pada turnamen Piala Dunia Puteri yang berlangsung Selasa.

Kerstin Garefrekes dan Inka Grings membuat tim tuan rumah memimpin 2-0 pada babak pertama dan Grings mencetak dari titik putih setelah Sapowicz melakukan jegalan membahayakan atas Fatmire Bajramaj.

Celia Okoyino Da Mbabi mencetak gol keempat untuk Jerman satu menit menjelang laga usai, setelah Marie-Laure Delie dan Laura Georges mencetak dua gol untuk tim Prancis.

Tim dua kali juara dunia Jerman maju ke perempat final dan akan bertemu dengan Jepang, yang menempati urutan kedua Grup B setelah kalah 0-2 atas Inggris di Augsburg.

Tim urutan kedua Prancis akan bertemu dengan juara Grup B Inggris.

Keduanya Jerman dan Prancis sudah lolos ke putaran selanjutnya setelah sama-sama menyimpan delapan poin hasil dari pertandingan penyisihan grup itu.

Tetapi Jerman yang berhasil memenangi pertandingan di hadapan 50.000 penonton yang membeli semua tiket yang dijual untuk menonton pertandingan itu.

Pemain tengah Bajramaj mengawali tekanan setelah pertandingan berlangsung 15 menit, tetapi penjaga gawang Prancis Sapowicz amat gesit mempertahankan kedudukannya.

Kapten Garefrekes memecah kebuntuan itu pada menit ke-25, setelah pemain tengah dari Frankfurt itu mendapat umpan bagus dari tendangan bebas, merupakan golnya yang kedua dalam turnamen itu.

Enam menit kemudian, tim tuan rumah membuat angka menjadi 2-0 setelah striker Duisburg Grings menyambut umpan manis dari Simone Laudehr dan bola melambung kencang menyentuh jala gawang lawannya.

Prancis meningkatkan serangan mereka pada babak kedua dan pemain pengganti Delie menyamakan angka pada menit ke-56 dari arah pojok gawang, hanya satu menit setelah usaha awalnya dijinakkan penjaga gawang Nadine Angerer.

Tendangan bebas Grings pada menit ke-60 ditahan Sapowicz, tetapi beberapa menit kemudian penjaga gawang Paris Saint Germain itu dikeluarkan dari lapangan karena menjegal keras Bajramaj yang mendekati gawang, sehingga pemain tengah dari Turbine Potsdam itu dibawa menggunakan ditandu dari lapangan.

Sapowicz digantikan Deline Deville dan Grings melakukan tendangan penalti pada menit ke-68.

Empat menit kemudian, Georges menambah satu angka untuk Prancis, sebelum Okoyino Da Mbabi nyaris menambah angka satu menit menjelang pertandingan usai.
(A008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011