...pemondokan akan menjadikan siswa lebih disiplin dan berprestasi baik...
Kupang (ANTARA News) - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur, Klemens Meba, menegaskan, pemerintah provinsi itutetap menerapkan kebijakan pemondokan bagi siswa yang akan menghadapi ujian nasional mulai Tahun Ajaran 2011/2012.

"Memang ada kontroversi tetapi kita tetap laksanakan, karena bagi pemerintah, kebijakan pemondokan akan menjadikan siswa lebih disiplin dan berprestasi baik," kata Meba, di Kupang, Senin. Dia menyatakan hal itu terkait polemik seputar rencana kebijakan pemondokan siswa di NTT.

Dia mengatakan, sekolah-sekolah yang mewajibkan siswa tinggal di asrama telah terbukti hasilnya sangat bagus sesuai dengan hasil evaluasi ujian sekolah maupun ujian nasional.

SMP dan SMA Advent di Noelbaki Kupang, misalnya, telah menerapkan kebijakan mengasramakan siswa di sekolah ini sejak 1967 lalu dan hasil ujian akhirnya sangat bagus.

"Kalau ada kebijakan-kebijakan yang bisa meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini mengapa tidak kita dilaksanakan secara bersama-sama pada semua sekolah di NTT," kata Meba.

Meba menjelaskan, pada tahap awal pelaksanaan kebijakan ini pemondokan ini, anak-anak kelas ujian akhir hanya diwajibkan untuk masuk asrama selama dua bulan menjelang pelaksanaan ujian nasional.

Selama di asrama, semua biaya ditanggung bersama pemerintah dan para orang tua siswa. Ini agar para orang tua ikut dilibatkan dalam proses akhir pelaksanaan ujian nasional.

Dengan demikian, baik pemerintah dan orang tua tidak saling mempersalahkan jika anak-anak mereka tidak bisa lulus pada ujian akhir.

Selama ini kata dia, hanya pemerintah dan guru yang selalu disalahkan pada saat prosentasi kelulusan mengalami kemerosotan.

"Sekarang kita bergandengan tangan untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini. Kalau anak-anak di asrama, orang tua bisa tanggung makan, pemerintah bisa tanggung asrama dan sebaliknya," katanya.

Dengan demikian, baik pemerintah maupun orang tua memiliki tanggungjawab yang sama untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini, kata Meba.
(ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011