Medan (ANTARA News) - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Utara, Anang Anas Azhar, menyatakan partainya tetap komit memperjuangkan pembentukan Provinsi Asahan Labuhan Batu (Aslab).

"Setelah Labuhan Batu dimekarkan menjadi tiga kabupaten, kini saatnya mewujudkan Provinsi Aslab guna mempercepat proses pembangunan di kawasan ini," katanya dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Medan, Selasa.

Anang yang juga caleg nomor urut 1 PAN untuk DPRD Sumut dari daerah pemilihan Labuhan Batu itu mengingatkan rencana pembentukan Provinsi Aslab jangan hanya sekadar menjadi wacana. "Harus kongkret demi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu putera Labuhan Batu itu juga mengaku bersyukur dengan terwujudnya pemekaran Labuhan Batu menjadi tiga kabupaten, masing-masing Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu (kabupaten induk).

Lebih jauh ia mengatakan, dewasa ini pembentukan Provinsi Aslab sudah memenuhi syarat undang-undang, termasuk dari sisi jumlah kabupaten/kota pendukungnya. Provinsi Aslab sendiri direncanakan meliputi Kabupaten Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Batubara.

"Jadi syarat kabupaten/kotanya tak perlu dipersoalkan lagi, karena syarat pembentukan sebuah propinsi berdasarkan UU minimal empat kabupaten dan satu daerah berkategori kota sudah terpenuhi," katanya

Dia berharap pembentukan Provinsi Aslab terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama, apalagi Pj Bupati Labuhan Batu Utara dan Pj Bupati Labuhan Batu Selatan saat ini tengah menyusun perangkat pemerintahan di daerah itu.(*)

Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009