Kandang-kandang di taman satwa memang memprihatinkan karena sekitar 50 persen sudah rusak, namun kami hanya dapat memperbaiki seadanya karena tidak ada anggaran yang disediakan untuk memperbaikinya.
Bengkulu (ANTARA News) - Sejumlah kandang hewan di objek wisata Taman Satwa Kota Bengkulu sudah beberapa tahun terakhir banyak yang mengalami kerusakan akibat kurangnya perawatan dan rapuh dimakan usia.

"Kandang-kandang di taman satwa memang memprihatinkan karena sekitar 50 persen sudah rusak, namun kami hanya dapat memperbaiki seadanya karena tidak ada anggaran yang disediakan untuk memperbaikinya," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu Hauliantua Pohan, Kamis.

Ia mengatakan, anggaran yang disediakan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu tahun ini hanya untuk memberi makan hewan dan membayar petugas kebersihan.

"Pembiayaan untuk perbaikan kandang satwa beberapa tahun ini tidak mencukupi. Terakhir sebelum 2007 pernah diperbaiki, namun setelah itu tidak ada biaya untuk pembuatan kandang satwa sehingga terpaksa dibiarkan seperti keadaan semula," katanya.

Meski anggaran untuk perbaikan kandang-kandang hewan di taman satwa telah diusulkan kepada DPRD Kota Bengkulu, namun usulan tersebut tidak disetujui sebab tidak dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kota 2011.

Dari pantauan, salah satu kandang yang sudah rusak menyebabkan salah satu jenis hewan, yakni rusa tutul yang dikurung di dalamnya bebas berkeliaran di luar kandang setelah keluar melalui pagar besi yang berlubang.

Selain itu, kandang Monyet pun terdapat lubang yang besar sehingga dikhawatirkan jika rantai pengikat hewan tersebut terlepas dapat membahayakan pengunjung yang sedang menyaksikannya.

Taman atwa Kota Bengkulu yang berlokasi di Kelurahan Lingkar Timur, Kota Bengkulu, dibangun oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu sejak 1985 melalui Dinas Peternakan Kota Bengkulu. Objek wisata tersebut saat ini hanya memiliki koleksi sekitar 22 jenis hewan dengan populasi sebanyak 83 ekor.

Hewan koleksi Taman Satwa Kota Bengkulu antara lain dua ekor Buaya, seekor Musang, sembilan Kura-Kura, enam Biawak, tiga ular Python, dua burung Elang, tiga Siamang, empat burung Kutilang, seekor burung Enggang, seekor burung Bangau Pecuk Ular dan sembilan Rusa Tutul.

(PSO-213)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011