Jakarta (ANTARA News) - DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) beraudiensi kepada Menkokesra RI, HR Agung Laksono di ruang kerjanya di Jakarta, Rabu.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, Rombongan DPP KNPI dipimpin Ketua Umumnya Ahmad Doli Kurnia yang kunjungannya dimaksudkan menyampaikan hasil Rakernas II Pemuda/KNPI yang berlangsung 10-12 Juni 2011 di Ternate.

"Ada beberapa isu strategis yang menonjol dan menjadi rekomendasi Rakernas yang penting untuk disampaikan kepada pemerintah," kata Doli.

Mengawali pertemuan tersebut, Doli menyampaikan beberapa isu penting yang mencuat pada Rakernas yang sangat erat dengan persoalan kekinian bangsa. Yang pertama, KNPI tetap konsisten bahwa pendidikan karakter bangsa menjadi sangat penting untuk menjaga keberlangsungan eksistensi kita sebagai sebuah bangsa.

Dalam kesempatan itu, DPP KNPI juga menyampaikan rumusan 7 Karakter Dasar Bangsa yang disusun oleh KNPI kepada Menkokesra yang juga adalah Ketua Program Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa berdasarkan Kepres.

Selain itu, Doli menyampaikan akan pentingnya elemen pemuda diikut sertakan pada program-program peningkatan kesejahteraan rakyat. DPP KNPI selama ini dan juga ke depan telah melaksanakan dan menyusun berbagai program yang terkait dengan isu tersebut.

Misalnya, KNPI bekerjasama dengan Kemenhan, MUI dan ormas-ormas agama dalam program deradikalisasi kalangan muda. Bersama Kementerisn DKP melakukan program pemberdayaan pemuda pantai dan pesisir seperti Marine Protected Area (MPA). Begitu juga dengan BKKBN, Menkop dan UKM, di dalam peningkatan kualitas hidup manusia para pemuda.

Secara khusus, Doli juga menyampaikan pentingnya keterlibatan elemen masyarakata, terutama pemuda di dalam menyambut ASEAN Community 2015.

"Keinginan bersama untuk membangun komunitas besar di ASEAN itu jangan sampai ditafsirkan hanya keinginan pemerintah atau elite politik masing-masing negara saja. Namun harus dibangkitkan kesadaran yang sama kepada masyarakat ASEAN secara keseluruhan. Itulah pentingnya peran pemuda dan elemen masyarakat lainnya. KNPI siap ikut mewujudkan cita-cita baik itu," katanya.

Dalam waktu dekat KNPI juga akan melaksanakan program yg terkait dengan itu, antara lain Pertemuan Malindo, Pertemuan Pemuda Serumpun, dan Pertemuan Pemuda ASEAN. KNPI berharap upaya itu dapat didukung oleh pemerintah Indonesia, yang saat ini Presiden merupakan Ketua ASEAN.

Menurut Doli, Menko Kesra berharap agar KNPI dapat merumuskan format ideal dalam memperkuat program Pendidikan Karakter Bangsa dan juga dapat memperkuat jaringannya, dalam rangka ikut memantau dan mengkritisi program peningkatan kesejahteraan rakyat.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011