Entikong, Kalbar (ANTARA News) - PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat, Jumat, meluncurkan pencanangan kegiatan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Humas PLN Wilayah Kalbar Muhammad Doing menyatakan, Kalbar mendapat jatah antara 26 ribu sampai 31 ribu pelanggan baru dalam program ini.

Peluncuran Gerakan Sehari Sejuta Sambungan tahap dua rencananya akan dilakukan oleh General Manajer PLN Wilayah Kalbar Bambang Budiarto.

Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kalbar Agus Aman Sudibyo dan sejumlah tokoh masyarakat Entikong, Bupati Sanggau Setiman H Sudin.

"Kami telah menyiapkan tambahan sekitar 20 mega watt dalam mensukseskan program tersebut yang tersebar di berbagai lokasi," ujar Doing.

Data PT PLN Kalbar, mencatat pencanangan kegiatan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan tersebar di Kota Pontianak dan sekitarnya, 7.510 pelanggan. Kota Singkawang dan sekitarnya 5.099 pelanggan, Kabupaten Sanggau 8.483 pelanggan, Kabupaten Ketapang 5.008 pelanggan.

Dipilihnya Entikong yang berada di kawasan perbatasan dengan pertimbangan daerah tersebut sangat butuh penambahan pasokan energi listrik.

"Adanya pasokan listrik ini juga untuk memperkuat rasa kebangsaan sebagai bangsa Indonesia," katanya.

Muhammad Doing mengatakan, untuk daerah perbatasan Kalbar - Malaysia selama program tersebut ditargetkan akan ada penambahan sekitar 2.900 pelanggan baru.

"Khusus untuk Entikong, PLN akan menyewa mesin diesel berkapasitas dua Mega Watt," ujarnya.

PLN juga menambah mesin pembangkit di daerah misalnya di Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, berkapasitas tiga MW.
(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011