Nelayan tradisional itu mengandalkan BBM yang diadakan oleh Pertamina setempat, berbeda dengan nelayan besar yang menggunakan alat tangkap modern.
Jambi (ANTARA News) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi meminta PT Pertamina segera mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak jenis solar yang kini dirasakan oleh nelayan di kawasan pantai timur.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Herman Rahim di Jambi, Selasa mengatakan, pihaknya menerima keluhan dari nelayan di kawasan pantai timur Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur tentang terjadinya kelangkaan BBM.

"Untuk itu kita minta pihak Pertamina dan berbagai instansi terkait segera mencarikan solusi mengatasi kelangkaan BBM jenis solar tersebut," katanya.

Ia menyebutkan, ribuan nelayan di kawasan pantai timur merupakan nelayan tradisional menggunakan alat tangkap dan perahu kecil yang wilayah tangkapnya kurang dari 5 mil laut, dan sangat membutuhkan BBM untuk menjalani aktivitas kesehariannya.

"Nelayan tradisional itu mengandalkan BBM yang diadakan oleh Pertamina setempat, berbeda dengan nelayan besar yang menggunakan kapal besar dan alat tangkap modern yang wilayah tangkapnya di atas 12 mil laut," tambahnya.

Nelayan yang memiliki kapal besar dan alat tangkap modern bisa saja mendapatkan atau membeli BBM di kepulauan atau provinsi terdekat tempat mereka mencari ikan, namun bagi nelayan tradisional mereka memiliki keterbatasan jelajah.

Kawasan pantai timur yang 80 persen warganya nelayan tradisional memberikan kontribusi besar dalam produksi perikanan tangkap, untuk itu kelancaran pasokan BBM sangat menentukan.

Hal senada diutarakan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Warasdi, yang menyatakan Pertamina dan instansi terkait harus secepatnya mengatasi kelangkaan BBM untuk nelayan di kawasan pantai timur.

Menurut dia, kelangkaan BBM tidak saja akan berpengaruh pada penurunan produksi perikanan, namun lebih luas berdampak pada kehidupan nelayan yang masih dikelompokkan dalam masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

"Kita juga minta pihak Pertamina segera mengatasi kelangkaan BBM untuk nelayan, karena juga menyangkut kehidupan nelayan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan keluarganya," kata Warasdi.

(T.M037) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011