London (ANTARA News) - David Beckham menyatakan Senin, ia gembira bila dapat menjadi penonton pada Olimpiade London tahun depan, bila tidak ada tugas baginya dalam tim Inggris yang dianggap kontroversial pada event itu.

"Sepak bola akan menjadi pertandingan hebat di Olimpiade dan akan menarik sekali disaksikan," kata mantan pemain bintang Manchester United itu, yang kini bermain di Los Angeles Galaxy.

"Ini pertama kalinya saya akan menyaksikan Olimpiade dan saya kemungkinan akan berada di sana bersama anak saya," katanya.

"Sepak bola merupakan bagian dari hidup saya selama bertahun- tahun dan menjadi bagian dari olahraga itu benar-benark menakjubkan," katanya.

"Kita lihat saja apa peran saya dalam membangun atau saat berada di Olimpiade, tetapi apa pun, saya akan berada di sana sebagai pendukung tim," katanya.

"Saya ingin menyaksikan atletik seperti (atlet heptatlon Inggris) Jessica Ennis dan (peloncat indah) Tom Daley, para atlet muda yang akan memberi inspirasi kepada anak-anak dunia," katanya.

"Bagi saya, dapat membuat putera saya bermain di Olimpiade mendukung negara, tentu amat membanggakan. Saya berharap puteri saya pun akan berada di sana," katanya.

Victoria Beckham akan melahirkan bayi ketiga mereka bulan depan, setelah dua puteri sebelumnya.

Beckham berbicara dalam acara sponsor mengumumkan, Gabriella

Roseje, berusia 18 tahun dari Bermondsey di London, merupakan salah satu yang dinominasikan menjadi pembawa obor.

Mantan kapten tim Inggris itu, salah satu selebritas olahraga terkondang dunia, menolong London menjadi tuan rumah pada pertemuan Komite Olimpiade Internasional di Singapura pada 2007.

"Ketika saya diminta menjadi salah satu bagian dari Olimpiade, saya amat skeptis karena saya tidak pernah bertanding di Olimpiade, saya pemain sepak bola," kata pemain tengah berusia 36 tahun itu.

"Menjadi bagian yang mencoba membawa Olimpiade ke negara saya, tempat saya dibesarkan, tentu merupakan kehormatan bagi saya saya dan amat menyenangkan," katanya.

"Momentum ketika Olimpiade dinyatakan akan diadakan di negara saya, itu merupakan penghargaan besar dalam karir saya. Itu rasanya amat spesial," katanya.

"Olimpiade merupakan permainan tingkat dunia bagi siapa pun. Betapa hebatnya bila kita merupakan bagian dari acara itu," ujarnya.

"Saya ingat betapa hebat persaingan antara sesama atlet, seperti Sebastian Coe dan Steve Ovett (pelari besar jarak menenagan Inggris yang menang pada Moscow Games 1980 di nomor 800 dan 1.500 meter," katanya.

"Akan datang para atlet besar ke negara kami, ke London tempat saya dibesarkan. Ini merupakan prospek amat hebat," katanya.

Prosepek sepak bola Inggris di Olimpiade mendapat reaksi keras di Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Banyak pendukung dan ofisial khawatir itu akan menjadi awal dari mandiri atau independennya tim nasional negara, kendati mendapat jaminan dari FIFA.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011