Jakarta (ANTARA News) – Atlet Paralayang Putri Indonesia berhasil menyapu bersih medali Emas, Perak, dan Perunggu pada Kejuaraan Dunia Paralayang nomor Ketepatan Mendarat (Paragliding Accuracy World Cup - PGAWC) seri ke-5 yang dilaksanakan di Sabah, Malaysia, dari 10–12 Juni 2011.

"Hasil sapu bersih yang dicapai oleh tim Putri Indonesia ini, dilakukan dengan persiapan yang matang, yaitu dengan melakukan pemusatan latihan dan pengenalan medan secara lebih awal," ujar Dharmawan Sirin, pelatih sekaligus manajer Tim Indonesia untuk seri kejuaraan ini.

Dalam siaran pers di Jakarta, Minggu, menyebutkan peringkat pertama atlet putri untuk kejuaraan dunia ini adalah Dian Rosnalia (Indonesia) dengan nilai 329, peringkat kedua adalah Milawati Sirin (Indonesia) dengan nilai 927, dan peringkat ketiga adalah Cherry Bonaria (Indonesia) dengan nilai 1.589.

Peringkat pertama untuk kategori beregu direbut oleh tim dari Slovenia dengan nilai 76, peringkat kedua adalah tim dari China dengan nilai 254, sementara urutan ketiga beregu diraih oleh tim dari Serbia dengan nilai 1.623.

Sedangkan untuk kategori umum, juara pertama direbut oleh Rafael Kerin (Slovenia) dengan nilai 12, juara kedua adalah Quiang Sheng Guang (China) dengan nilai 15, dan juara ketiga diraih oleh Matjaz Feraric (Slovenia) dengan nilai 27. Sementara Indonesia berhasil menempatkan Thomas Widyananto pada urutan 5, dan Nanang Sunarya pada urutan 9 dunia.

Kejuaraan Dunia Paralayang nomor Ketepatan Mendarat seri ke 5 ini, diikuti oleh 57 peserta, yang terdiri dari 10 negara, yaitu Malaysia, Indonesia, China, Taiwan, Japan, Qatar, Slovenia, Hungaria, Serbia, dan Montenegro.

Kejuaraan dunia paralayang nomor ketepatan mendarat ini akan berakhir di seri ke-6, yang akan dilaksanakan di Jerman, pada bulan September 2011 mendatang. Tim Indonesia sangat berpeluang untuk menjadi juara dunia, apabila dapat mengikuti seri terakhir ini.

Tim Indonesia yang diberangkatkan pada kejuaraan dunia ini adalah sebagian tim pelatnas SEA Games 2011, yang terdiri dari 5 atlit putra, 4 atlit putri, dan 1 orang tim official. Tim paralayang Indonesia ini merupakan atlet yang sedang mengikuti proses seleksi tim nasional paralayang Indonesia untuk SEA Games 2011, yang nantinya diharapkan dapat mendulang emas pada SEA Games 2011 mendatang.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011