Muntok, Bangka Barat (ANTARA News) - Vira Meivalianka, murid SDN 21 Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, terpilih mewakili Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam lomba pidato cilik tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada Juli 2011 di Makasar, Sulawesi Selatan.

"Vira memang memiliki keterampilan berpidato, berani, lugas dan rajin membaca sehingga terpilih mewakili Babel mengikuti lomba pidato cilik di Makasar nanti," kata Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah Bangka Barat, Rukiman sebagai tim penyeleksian lomba pidato tingkat kabupaten di Muntok, Sabtu.

Ia menjelaskan, Vira terpilih mewakili Babel setelah mengikuti beberapa tahap seleksi yaitu seleksi tingkat sekolah di kecamatan, tingkat SD se-Kabupaten Bangka Barat, keluar sebagai yang terbaik dari ratusan murid di Bangka Barat dan terpilih mewakili Babel setelah mengikuti seleksi tingkat provinsi .

"Vira berhasil menyingkirkan ratusan pesaingnya dari sejumlah SD yang mewakili setiap Kabupaten, saat ini Vira terus diasah kemampuannya berpidatonya menjelang berangkat ke Makasar," ujarnya.

Bakat pidato Vira terlihat ketika mengikuti lomba bercerita untuk tingkat anak SD/MI tingkat Provinsi Bangka Belitung dan keluar sebagai juara, kemudian mewakili Babel dalam lomba yang sama tingkat nasional di Jakarta.

"Saat itu Vira hanya mampu masuk sepuluh besar, mudah-mudahan dalam lomba pidato tingkat nasional nanti Vira bisa juara," ujarnya.

Lomba pidato cilik di Makasar nanti, Vira berpidato dengan mengangkat materi tentang maraknya tindak pidana korupsi di negeri ini, sebuah materi yang cukup aktual di negeri ini.

"Vira membawakan pidato tersebut sangat bagus, intonasinya luar biasa, sudah menjiwai dan mengusai materi sehingga itu modal besar untuk bisa bersaing di tingkat nasional," ujarnya.

Sementara itu, Vira Meivalianka, mengaku sudah siap tampil di tingkat nasional dan bersaing dengan ratusan murid SD lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Persiapan saya saat ini sering latihan, mengasah mental, menguasai materi, menumbuhkan kepercayaan diri tinggi, dukungan orang tua, guru, teman dan banyak berdoa agar keluar sebagai juara," ujarnya lancar dan optimistis. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011