Malang (ANTARA News) - Nasib para pemain asing yang akan memperkuat Persema pada putaran kedua Liga Primer Indonesia ditentukan usai kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia yang akan digelar di Solo, 9 Juli mendatang.

Pelatih Persema Timo Schuenemann, Sabtu, mengatakan, pencoretan atau penambahan pemain pada putaran dua yang dijadwalkan mulai 17 September masih menunggu keputusan Kongres PSSI karena nasib LPI ditentukan dalam kongres.

"Untuk berburu pemain memang saya harus `curi start` sebab kalau terlambat akan kesulitan merekrut pemain asing, termasuk pemain asing yang berasal dari negara Asia dan berada di bawah naungan AFC," tegas Timo.

Selain berburu pemain asing dari Asia, katanya, dalam waktu dekat dirinya akan pulang ke Jerman sekaligus berburu pemain di negaranya atau negara-negara Eropa lainnya.

Pemain asing yang memperkuat Persema pada putaran pertama adalah Seme Pierre Patrick (Kamerun), Guy Bertrand Ngon Mamoun (Kamerun), Benoit Lang (Luxembourg), dan Han Sang Min (Korea Selatan).

Sebelumnya pelatih kelahiran Kediri itu menyatakan, tertarik dengan salah seorang pemain Deltras Sidoarjo Danilo Fernando dan mengincar dua pemain Arema yang bakal menyudahi kompetisinya di ajang Liga Super Indonesia (LSI) 19 Juni mendatang.

Mengacu pada manual liga, setiap tim hanya boleh diperkuat oleh tiga pemain asing non-AFC (Asia) dan dua pemain asal Asia sehingga setiap tim hanya diperkuat oleh pemain asing.

Jika Timo masih berburu pemain asing untuk memperkuat tim asuhannya pada putaran kedua LPI, salah satu pemain asing non-AFC tersebut terancam dicoret. Namun, sampai sekarang Timo masih menyimpan rapat-rapat pemain yang bakal dicoret pada putaran kedua nanti.

Lebih lanjut Timo mengatakan, dirinya juga akan menambah satu pemain asing dari Asia untuk menggantikan posisi Robby Gaspar di lini tengah yang dicoret pada pertengahan kompetisi karena dinilai indisipliner.

"Pada putaran kedua nanti kami masih membutuhkan paling tidak dua pemain asing lagi, satu Asia dan satu lagi non-Asia. Dan, untuk merekrut dua pemain asing baru, satu pemain asing non-ASia harus dicoret," tegas Timo.

Pada putaran pertama LPI Persema finish di posisi "runner up" atau satu strip di bawah Persebaya 1927. Putaran kedua dijadwalkan mulai 17 September mendatang, sehingga kompetisi libur selama sekitar tiga bulan.

(E009/N002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011