Hal yang cukup mengesankan, peserta dari Tanah Air mengalami peningkatan dari sebelumnya 45 persen, untuk tahun kelima ini sebanyak 60 persen dari total partisipan.
Jimbaran (ANTARA News) - Pihak penyelenggara 5th Biznet Bali International Triathlon menyatakan jumlah peserta kejuaraan pada 2011 mengalami kenaikan 35 persen dari pelaksanaan tahun 2010.

"Berdasarkan data terakhir yang kami catat, jumlah peserta pad penyelenggaraan tahun kelima ini meningkat cukup signifikan dari tahun lalu," kata Andreas Kansil, Event Director of 5th Biznet Bali International Triathlon di sela-sela jumpa pers di Jimbaran, Bali, Jumat.

Dia menjelaskan, dari data tersebut jumlah peserta diperkirakan akan mencapai 600 orang pada penyelenggaraan tahun ini, sedangkan pada tahun lalu sekitar 450.

Peningkatan itu cukup besar dibandingkan beberapa periode sebelumnya yakni 2009 dengan 2010, yang berkisar 12 persen.

"Hal yang cukup mengesankan, peserta dari Tanah Air mengalami peningkatan dari sebelumnya 45 persen, untuk tahun kelima ini sebanyak 60 persen dari total partisipan," ujarnya.

Andreas mengatakan, peserta masih didominasi dari kalangan umum atau non atlet.

Sebab tujuan peserta dari kalangan umum itu tidak lain untuk mencari kepuasan tersendiri sekaligus mengukur kemampuan dengan hasil yang dicapai pada saat kejuaraan tersebut.

Menurut dia, perbandingan peserta pria dan wanita masih relatif sama setiap tahun, diperkirakan untuk penyelenggaraan kejuaraan kali ini antara 70:30 atau 65:35 persen.

"Kategori perlombaan tersebut masih tidak mengalami perubahan yang terdiri dari `olympic-distance` dan `sprint-distance` ditambah `fun event`," katanya menjelaskan.

Andreas mengatakan, peserta yang mengikuti kategori "olympic-distance" harus mengikuti jarak standar pada penyelenggaraan Olimpiade, yakni 40 kilometer bersepeda, 1,5 km berenang dan 10 km berlari.

Untuk "sprint-distance", peserta harus berlari sepanjang 5 kilometer, berenang sejauh 500 meter dan bersepeda sepanjang 20 km. Sedangkan untuk fun event yang sifatnya hiburan itu, peserta hanya berlari sepanjang lima kilometer.

"Pada tahun ini kami menyiapkan hadiah uang tunai lebih besar kepada atlet nasional yang ikut dalam perlombaan, dan mencatatkan waktu tercepat," ujarnya.

Sementara itu Charles de Foucault, General Manager Ayana Resort and Spa Bali, merasa bangga dan senang bisa terlibat dalam kegiatan berkelas internasional tersebut.

"Semoga saja para peserta bisa senang atas kemudahan yang dapat kami berikan selama pelaksanaan dan berharap bisa menikmati pesta perayaan sebagai penutup kegiatan tersebut di hotel kami," katanya.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011