Bitung (ANTARA) - Kota Bitung dipastikan akan menerima penghargaan Piala Adipura untuk ke-5 kalinya secara berturut-turut, setelah Pemerintah Kota Bitung menerima surat dari Kementerian Lingkungan Hidup tentang penerimaan penghargaan itu.

"Penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kota Bitung, karena dedikasi yang diberikan dalam menjaga lingkungan," kata Kepala Sub Bagian Humas, Erwin Kontu, Minggu.

Bahkan sebelumnya Wali Kota Bitung Hanny Sondakh, menyampaikan bahwa penghargaan Piala Adipura ke-5 kali berturut-turut merupakan konsistensi pemerintah dan masyarakat yang secara bahu membahu menjaga kebersihan lingkungan.

"Pastinya, penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kota Bitung dan seluruh elemen yang tidak henti mendukung program pemerintah selama ini," ungkapnya.

Kontu menambahkah, Wali Kota Bitung juga sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua petugas kebersihan, karena tiada lelah dan henti dari siang hingga sore membersihkan lingkungan sekitar.

"Akhirnya, harapan warga Bitung meraih kota terbersih terjawab sudah, di mana penilaian untuk tahun ini dilaksanakan lebih ketat dan kompetitif," kata Kontu.

Kontu mengatakan, pada tahun 2010 sekitar 100 kota di Indonesia yang menerima piala Adipura, namun saat ini tinggal 40 kota - dan Kota Bitung masuk pada bagian itu untuk kategori kota sedang terbersih.

Penyerahan Piala Adipura itu pun akan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. (H013/B/N005/N005)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011