Padang (ANTARA News) - Gempa bumi dengan kekuatan 4,5 Skala Richter (SR) mengguncang Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Berdasarkan data dari BMKG gempa bumi yang mengguncang Muara Labuh terjadi pada Selasa (31/5) sekitar pukul 06.33 WIB kedalaman 10 Km yang berpusat pada 5 Km Tenggara Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan, posisi 1,5 Lintang Selatan, 101,06 Bujur Timur.

Furqan salah seorang staf Analis gempa dari BMKG Padangpanjang saat dihubungi mengatakan, kekuatan gempa bumi yang menngguncang Muara Labuh hanya dalam skala kecil saja.

"Gempa bumi yang terjadi tersebut hanya dirasakan oleh masyarakat berada di wilayah Solok Selatan,"katanya.

Dia menambahkan, BMKG Padangpanjang belum mengetahui secara pasti gempa bumi yang mengguncang Muara Labuh tersebut berasal ari Gunung Talang, kita masih melakukan pemantauan pergerakan gempa tersebut.

"Hingga sekarang ini, kita belum mendapatkan informasi dari pusat vulkanologi dari gunung mana asal gempa yang mengguncang Kota Solok," katanya.

Tempat terpisah, Kabid.Penanggulangan Bencana BPBD Sumbar, Ade Edwar mengatakan, kekuatan gempa bumi yang mengguncang Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan yang terjadi sekitar pukul 06.33 WIB hanya dalam skala kecil.

"Pihaknya hingga saat ini belum ada menerima laporan korban jiwa maupun rumah yang rusak akibat gempa yang melanda Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan," katanya.

Masyarakat Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan, ketika terjadi gempa keluar rumah untuk menyelamatkan diri takut tertimpa reruntuhan bangunan.

"Hal yang patut dilakukan oleh masyarakat untuk menyelamatkan diri, namun jangan merasa cemas ketika terjadi gempa akan menambah korban jiwa nantinya jika merasa cemas,"kata Ade Edwar.
(*)

 


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011