London (ANTARA News) - Swansea City menjadi klub pertama Wales yang maju ke kompetisi liga utama Inggris sejak 1983 ketika mereka mengalahkan Reading 4-2 dalam pertandingan playoff menegangkan di Wembley, Senin.

Dua hari setelah Barcelona mengalahkan Manchester United di stadion yang sama saat memenangi kompetisi Liga Champions, pemain Scott Sinclair membuat hatrik, termasuk dua dari titik penalti, dan Stephen Dobbie melengkapi kemenangan Swansea sehingga berhak atas hadiah utama sebesar 90 juta pound (148,3 juta dolar).

Swansea, yang berada di urutan ketiga pada kompetisi "Championship" setelah tim yang dipromosikan Queens Park Rangers dan Norwich City, memimpin 3-0 pada babak pertama, sama dengan yang dilakukan Barca, tetapi Reading bangkit lagi dan mendapat dua gol melalui gol bunuh diri Joe Allen serta gebrakan Matt Mills.

Klub ini merupakan klub pertama dari Wales yang maju ke putaran kompetisi Liga Utama Inggris, sejak dibentuk pada 1992, dan semua pemain mengenakan kaos dengan tulisan mantan pemain Besian Idrizaj, yang tewas tahun lalu dalam usia 22 tahun.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011