Kuala Lumpur (ANTARA News) - Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Hari Belia Negara (HBN) dan Sukan Negeri yang akan berlangsung 27-29 Mei 2011 di Putrajaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

"Kesertaan Indonesia dalam HBN 2011 ini menunjukkan kedua negara memiliki hubungan yang erat khususnya di kalangan muda," kata Kepala Bidang Penerangan, Sosial, Budaya (Pensosbud) KBRI Kuala Lumpur, Suryana Sastradiredja saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu.

Selain itu, kata Suryana, keikutsertaan kalangan pemuda Indonesia juga sekaligus memperlihatkan kreatifitas dari para duta muda Indonesia bahwa mereka mampu membuat sesuatu yang bisa dibanggakan.

Pada HBN ini, Indonesia mendapatkan empat booth yang dua boothnya diisi oleh para duta muda yang berjiwa wiraswasta yang menampilkan saung angklung Mang Udjo, produk kreatif batik olah raga, sepatu lukis dan pembuatan kaca hias.

Sedangkan dua booth lagi, akan diisi untuk pameran hasil seni dan budaya Indonesia termasuk membuka stan untuk mempromosikan objek wisata tanah air, peluang bisnis di Indonesia, tempat-tempat wisata belanja serta ajang promosi untuk perguruan tinggi di Indonesia kepada masyarakat Malaysia.

Sementara itu, pelaksanaan serentak HBN 2011 oleh Jabatan Belia dan Sukan Negeri merupakan salah satu usaha pemerintah Malaysia untuk memberi peluang kepada kaum muda Malaysia menunjukkan bakat dan kemampuannya baik dibidang seni, budaya, olah raga, teknologi maupun di bidang kewirausahaan.

Salah program dalam HBN 2011 yaiu pertunjukan Gendang yang menampilkan 218 gendang oleh 288 peserta belia di Istana Kehakiman, Putrajaya yang diharap dapat mencatatkan Malaysia Book of Records.

Selain itu, Pameran pariwisata, Pendidikan, perdagangan dan Perhiasan 2011, Karnival Elektronik dan persembahan Super Junior juga akan diadakan bagi menarik minat gologan belia dalam mempamerkan bakat mereka.(*)
(T.N004/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011