Malang (ANTARA News) - Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Bambang Sudibyo mengatakan isu lingkungan sentral dalam Alqur`an dimana beberapa surat dalam kitab suci Islam ini membahas isu tersebut.

"Isu lingkungan sangat sentral dalam Alquran dalam beberapa suratnya terdapat ayat-ayat yang membahas lingkungan," kata Bambang dalam rakernas dan gialog kerakyatan Majelis Pemberdayaan Masyarakat Muhammadiyah di Malang, Sabtu.

Pada rakernas itu Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta menyampaikan pidato kunci tentang perubahan iklim dan pengaruhnya bagi kehidupan rakyat.

Gusti juga menyampaikan komitmen pemerintah yang mempunyai kebijakan menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 26 persen pada 2020 dan berbagai kebijakan menurunkan kerusakan hutan.

Dia mengatakan, 1,6 juta hektar hutan Indonesia berkurang setiap tahun, padahal kemampuan menanam hanya setengahnya. Namun saat ini dengan program yang dilakukan bersama dan komitmen berbagai pihak saat ini sudah 1,3 miliar pohon ditanam.

"Kerusakan lingkungan yang terjadi semua karena ulah manusia, dari berbagai kegiatan dan teknologi yang kita gunakan sehari-hari," kata Gusti.

Untuk itu, Kementerian Lingkungan Hidup menggandeng Kementerian Pendidikan Nasional untuk memasukkan materi lingkungan hidup dalam kurikulum di semua jenjang pendidikan agar generasi muda mencintai lingkungan.(*)
ANT/D016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011