New York (ANTARA News/AFP) - Saham Amerika Serikat mengatasi data ekonomi mengecewakan pada Kamis waktu setempat dan mengakhiri perdagangan di wilayah positif, sementara sebuah peluncuran mempesona di pasar oleh LinkedIn menghidupkan kembali mimpi "booming" lain dari dot-com.

Dow Jones Industrial Average naik 45,14 poin (0,36 persen) menjadi ditutup pada 12.605,32.

Indeks S&P 500 lebih luas naik tipis 2,92 poin (0,22 persen) menjadi 1.343,60, sementara indeks komposit saham teknologi

Nasdaq naik 8,31 poin (0,30 persen) menjadi 2.823,31.

Secara keseluruhan perdagangan lesu setelah serangkaian data ekonomi tampak suram.

Ada banyak berita suram di pasar perumahan yang tertekan, dimana penjualan "existing homes" (rumah yang sebelumnya telah dimiliki atau rumah yang sudah dibangun sebelumnya selama satu bulan atau dikenal juga dengan home resales) jatuh pada April, dan penurunan tajam indeks manufaktur regional di Philadelphia.

Indeks indikator ekonom terkemuka dari The Conference Board, juga jatuh untuk pertama kalinya sejak Juni 2010.

Penurunan sedikit dalam klaim mingguan pengangguran menawarkan sepotong kabar baik, tetapi klaim masih terjebak di atas ambang batas 400.000.

"The bulls (gairah) menunjukkan beberapa ketahanan," kata analis Charles Schwab dalam catatan kliennya.

Tapi LinkedIn berdering lebih baik sejak bel pembukaan di New York Stock Exchang, dengan harga saham naik yang lebih dari dua kali lipat setelah penawaran umum perdana (IPO).

Saham perusahaan jejaring sosial yang fokus pada karir ini, yang diperdagangan di bawah kode LNKD ini, meroket 109,4 persen menjadi 94,25 dolar. Harga peluncurannya adalah 45 dolar per saham.

"Ini hanya benar-benar waktu yang baik, ketika semua orang memperhatikan teknologi dalam cahaya baru," ujar analis pasar AS Cantor Fitzgerald, Marc Pado.

LinkedIn, perusahaan jejaring sosial besar pertama yang go public, memiliki paling harga IPO internet AS paling besar sejak Google menjadi perusahaan publik pada 2004, menurut perusahaan riset Renaissance Capital, yang mengkhususkan diri dalam perusahaan publik baru.

Ini menunjukkan LinkedIn bisa "membuka jalan untuk perusahaan jejaring sosial lainnya untuk melakukan IPO," kata Renaissance.

"Ada satu intisari bahwa beberapa miliarder lain akan mempertimbangkan -- nilai dari Facebook hanya naik secara relatif," kata Jon Ogg dari 24/7WallStreet.com.

Pelopor internet Yahoo melompat 2,4 persen menjadi 16,35 dolar, sedangkan Google naik tipis 0,3 persen menjadi 531,25 dolar.

Komponen Dow, Intel adalah indeks blue-chip yang turun paling tajam. Pembuat chip komputer ini turun 1,4 persen menjadi 23,54 dolar.

Tindakan pasar terjadi setelah keuntungan kuat pada Rabu didukung lonjakan harga komoditas dan laba yang lebih baik dari perkiraan dari pembuat komputer Dell.

Pasar obligasi mantap. Hasil pada obligasi negara 10-tahun adalah 3,17 persen, tidak berubah dari akhir Rabu, sedangkan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 4,30 persen dari 4,29 persen.

Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah.  (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011