London  (ANTARA News/AFP) - Harga platina diperkirakan bisa mencapai 2.000 dolar AS per troy ons dalam waktu enam bulan, karena pemulihan ekonomi global mengangkat permintaan untuk kendaraan, kelompok industri Johnson Matthey memproyeksikan dalam studi yang dipublikasikan Senin.

Logam mulia (emas putih) tersebut digunakan untuk membuat catalytic converters untuk kendaraan bermotor, serta dalam pembuatan perhiasan.

"Dengan fundamental supply-demand positif dan pertumbuhan ekonomi global berkelanjutan, platinum bisa diperdagangkan setinggi 2.000 dolar dalam periode tersebut," Johnson Matthey mengatakan pada kajian logam 2011.

Ia menimpali, "Jika tingkat suku bunga di pasar-pasar utama tetap rendah, investasi spekulatif juga akan mendukung harga platina."

"Meskipun ada guncangan eksternal seperti kenaikan harga minyak atau sentimen negatif sekitar utang negara bisa sekali lagi membuktikan menjadi sebuah penarik harga, pembelian fisik yang kuat di China kemungkinan akan memberikan dukungan selama harga menyusut, berarti platina tidak mungkin turun di bawah 1.750 dolar," kata proyeksi itu.

Permintaan untuk platinum di autocatalysts sudah meningkat 43 persen menjadi 3,13 juta troy ons tahun lalu karena sektor otomotif global bangkit kembali dari terburuk 2009, kata Johnson Matthey.

Pada pada akhir perdagangan Eropa Senin, harga platina berdiri di 1.765 dolar per troy ons.
(Uu. A026)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011