Medan (ANTARA News) - Ditha Sadrina (15) terpilih sebagai juara top model putri Kardopa Mencari Bakat yang digelar dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun ke-37 PT Radio Kardopa Medan, Minggu.

Dalam kompetisi yang diikuti sekitar 70 peserta itu, Ditha yang selama beberapa tahun terakhir banyak menyabet gelar juara modeling di Medan dan Jakarta dinobatkan sebagai juara top model putri Kardopa Mencari Bakat 2011 untuk kategori dancer kreatif.

Juara kedua dan ketiga top model putri juga diraih modeling asal Medan masing-masing Sonia dan Venry Desi.

Untuk juara top model pria juara I Junaidi, juara II Azza El dan juara III Bugiardo.

Para pemenang selain memperoleh hadiah uang dan piala, juga akan diproyeksikan untuk mengikuti event modeling di tingkat nasional.

Selain pemilihan top model, Kardopa Mencari Bakat yang digelar mulai Sabtu (14/5) juga memperlombakan, antara lain fashion show cilik,kontes rambut indah serta bakat dan kreatifitas yang masing-masing diikuti peserta mulai dari usia prasekolah hingga mahasiswa.

Ketua dewan juri Kardopa Mencari Bakat, Duma mengatakan, kategori penilaian top model meliputi, antara lain catwalk, ekpresi foto dan make up wajah.

"Pemilihan top model ini, baik putra maupun putri, berlangsung ketat karena sebagian besar peserta yang ikut ambil bagian adalah mereka yang sudah sering tampil dalam berbagai event modeling," ujarnya.

Duma menilai, dari sekitar 200 orang yang tampil dalam beberapa kompetisi seni dan budaya bertajuk Kardopa Mencari Bakat tersebut ternyata cukup banyak peserta berbakat yang bila dibina secara baik dan berkesinambungan mereka kelak akan mampu meraih reputasi terbaik, baik di tingkat Sumut maupun nasional dan internasional.

Untuk mengoptimalkan pembinaan seni dan budaya di kalangan generasi muda tersebut, menurut dia, mutlak dibutuhkan peran nyata pemerintah dan dukungan dari sektor dunia usaha.

"Minat dan bakat maupun kreatifitas generasi muda terhadap seni dan budaya perlu ditumbuhkembangkan secara terpadu dan berkelanjutan, karena upaya tersebut juga merupakan langkah efektif membentengi generasi muda dari berbagai pengaruh negatif," katanya. (JRD/M034/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011