Manchester, Inggris (ANTARA News) - Manchester City naik ke urutan empat besar klasemen Liga Utama Inggris setelah menang 1-0 atas Tottenham Hotspur, Selasa, sehingga menempatkan diri pada titik aman untuk maju ke kompetisi Liga Champhions musim mendatang.

Gol bunuh diri pada babak pertama yang diciptakan striker Spurs Peter Crouch menyebabkan City unggul, menjadi ironi dengan musim lalu ketika ia mencetak gol kemenangan tim London itu sehingga mendapat tempat di Liga Champions melalui babak playoff.

Kemenangan itu membawa tim asuhan Roberto Mancini tampil pertama kali di Liga Champions sekaligus memupus harapan Tottenham untuk berlaga lagi dalam kompetisi elit Eropa itu.

"Saya gembira karena ini merupakan target pertama kali," kata Mancini, "Saya kira kami pantas maju ke Liga Champions karena kami berada antara urutan pertama sampai keempat musim ini.

City masih berpeluang naik ke tingkat yang lebih tinggi sehingga bila itu terwujud maka klub itu akan langsung ke babak penyisihan Liga Champions.

Bila mereka mengakhiri musim ini di urutan keempat, merupakan finis tertinggi mereka dalam kompetisi liga, maka mereka akan melakukan laga dua leg playoff.

Dengan sisa dua pertandingan, tim asuhan Mancini itu kini mengantongi 65 poin, dua angka di bawah tim urutan ketiga Arsenal dan lima poin dari Chelsea, yang berada di urutan ketiga. Klub tetangga mereka Manchester United (76 poin) butuh hanya satu poin untuk mendapatkan gelar juara Liga Inggris ke-19.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011