Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar uang spot antarbank Jakarta Selasa sore melemah tipis ke posisi 8.553 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya 8.550.

Rupiah melemah tipis pada perdagangan hari ini seiring mengendurnya aksi beli karena pasar membutuhkan sentimen positif baru, di sisi lain berkembang rumor bahwa Bank Indonesia melakukan intervensi untuk menghambat penguatan rupiah, kata beberapa dealer.

Secara umum, rupiah masih berpeluang menguat karena fundamental ekonomi dalam negeri dinilai positif. Belum adanya sentimen positif baru membuat pelaku pasar mengurangi beli meskipun sebagian besar pelaku asing tetap berada di pasar.

Kemungkinan besar Bank Indonesia (BI) melakukan intervensi untuk menjaga rupiah agar jangan naik terlalu cepat karena penguatan rupiah hingga dibawah level 8.500 per dolar AS akan menyulitkan eksportir.

Dari pasar regional, Market Watch melaporkan bahwa China, Jepang, dan Korea Selatan telah sepakat untuk menggunakan mata uang sendiri untuk perdagangan tingkat regional.

(H-CS/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011