Surabaya (ANTARA News) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) optimistis dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN dapat mencapai target sebesar Rp18,4 triliun selama tahun 2011.

"Besaran tersebut pada tahun ini ditargetkan terdiri dari Rp14,1 triliun dan Rp4,3 triliun," kata Deputi Kementerian BUMN Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis, Pandu Djajanto, ditemui dalam "Workshop" Optimalisasi Program PKBL oleh BUMN untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat, di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, selama tahun 2010 nilai penyaluran Program Kemitraan dan Bina Lingkungan mencapai sekitar Rp14,8 triliun. Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi positif kepada para Direksi BUMN.

Terkait distribusi penyaluran dana PKBL, jelas dia, sampai sekarang sudah menjangkau 33 provinsi dengan jumlah mitra binaan mencapai 750.000 mitra. "Pendanaan PKBL dari ratusan ribu mitra binaan tersebut diperoleh dari 141 BUMN di Tanah Air," katanya.

Sementara itu, tambah dia, sesuai pencapaian alokasi PKBL tersebut terlihat bahwa kontribusi BUMN pada peningkatan kesejahteraan masyarakat ekonomi lemah pro poor, lapangan kerja pro-job, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi pro-growth besar.

Ia optimistis, dengan strategi yang lebih baik, sistematis, dan terencana, PKBL berpotensi besar untuk menjadi salah satu jembatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ke depan, diperlukan regulasi, konsolidasi, koordinasi, dan sosialisasi program PKBL yang lebih terintegrasi.
(DYT)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011