"Anggota Polri akan melaksanakan pengaman di lokasi penyelenggaraan acara di JCC dan akomodasi, tempat menginap para delegasi KTT ASEAN."
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 4.500 polisi dikerahkan untuk mengamankan penyelenggaraan Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, 4-8 Mei 2011.

"Personel Polri yang akan mengamankan KTT ASEAN berasal dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar, di Jakarta, Sabtu.

Gelar pasukan pengamanan gabungan KTT ASEAN pada hari Minggu (1/5) pukul 08.00 WIB di Silang Monas Jakarta dengan Inspektur Upacara, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, dan dihadiri Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo.

"Anggota Polri akan melaksanakan pengaman di lokasi penyelenggaraan acara di JCC dan akomodasi, tempat menginap para delegasi KTT ASEAN," kata Boy, menjelaskan.

Selain itu, kendaraan patroli digunakan untuk mengatur lalu lintas di sekitar tempat penyelenggaraan acara, katanya.

"Pengamanan adalah tugas kepolisian, akan berjalan dengan baik, tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Demikian pula bila ada pengunjuk rasa akan tertib," kata Boy.

Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardoyo mengatakan, anggaran untuk penyelenggaraan sudah turun kepada setiap kementerian.

"Saya rasa semua sudah siap. Itu dibagi atas kementerian-kementerian. Yang kemarin itu belum teralokasi adalah untuk Kemenkominfo, dan sekarang sudah disiapkan. Jadi secara umum sudah siap," tuturnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring, mengatakan bahwa anggaran yang disiapkan pemerintah untuk kementeriannya yang bertugas sebagai hubungan masyarakat (humas) bagi media massa selama KTT ASEAN adalah Rp4 miliar.

Anggaran itu, menurut dia, termasuk untuk penyelenggaraan KTT ASEAN dan KTT EAS di Bali pada November 2011.

TNI juga meningkatkan kesiapsiagaan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) untuk mendukung pengamanan penyelenggaraan KTT ke-18 ASEAN 2011.

Kohanudnas beserta perkuatannya akan tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Udara (Satgaspamwilud) dengan Panglima Kohanudnas sebagai Komandan Satgaspamwilud.

Kesiapsiagaan itu ditinjau langsung Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Suryo Prabowo selaku Ketua Koordinator Bidang Pengamanan/ Komandan Komando Operasi Pengamanan (Koopspam) TNI KTT ke-18 ASEAN, di Markas Kohanudnas, Kamis (29/4). (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011