Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mendesak pemerintah agar segera memberantas jaringan "Negara Islam Indonesia" atau NII yang disinyalir sudah menembus ke beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

"Pemerintah harus berani memberantas jaringan NII jangan sampai memberikan dampak lebih buruk," kata Priyo Budi Santoso di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, mencegah dan memberantas jaringan NII adalah merupakan tugas bangsa Indonesia, tapi yang lebih utama adalah tugas pemerintah melalui intelijen untuk mencegah dan menangkal jaringan NII.

Priyo juga mempertanyakan sikap pemerintah yang terkesan membiarkan jaringan NII hinga berkembang saat ini.

"Saya minta kepada Menko Polhukam dan intelijen untuk segera melumpulhkan jaringan teroris dan jaringan lain yang tidak lazim," katanya.

Menurut dia, mencermati jaringan NII dari pemberitaan di media massa, dirinya merasa kaget mengapa jaringan NII menjadi sebesar saat ini.

Apalagi, kata dia, jaringan NII juga sinyalir sudah menembus ke beberapa perguruan tinggi terkenal dan berhasil mempengaruhi mahasiswa.

Sebelumnya, seorang alumni Universitas Islam Negeri Jakara yang diduga menjadi pelaku bom di pipa gas negara di Serpong, Banten, telah ditetapkan polisi sebagai tersangka.
(R024)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011