Jakarta, 18/4 (ANTARA) - Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan telah meluncurkan Website REDD-I Indonesia yaitu www.redd-indonesia.org, pada pembukaan The 3rd IndoGreen Forestry Expo Tahun 2011, yang berlangsung pada 14-17 April 2011, bertempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta. Website berbahasa Indonesia ini, tidak hanya menyajikan beragam informasi, cerita dan hal-hal menarik terkait pelaksanaan REDD, namun juga terkait dengan hutan dan perubahan iklim di Indonesia, seperti  hasil-hasil riset dan publikasi terkait REDD (dapat diunduh secara online), proyek percontohan (demonstration activities), regulasi nasional dan konsensus global terkait REDD, dan pakar-pakar REDD di Indonesia. Selain itu, situs ini juga menyajikan format audio visual yang berisi beragam informasi termasuk wawancara eksklusif dengan Menteri Kehutanan Indonesia, Zulkifli Hasan, tentang REDD dan Tahun Internasional Kehutanan. Kedepannya, juga akan dibuat video wawancara dengan para pakar dan tokoh REDD lainnya di Indonesia serta film-film menarik terkait upaya penyelamatan hutan dan mitigasi perubahan iklim di Indonesia.

     Pembuatan Website REDD-I ini dilatarbelakangi karena belum terkoordinirnya penyebarluasan informasi tentang REDD dan hal-hal umum terkait perubahan iklim, sehingga informasi yang didapat kurang otentik dan cenderung membingungkan.  Selain itu masih dipertanyakan juga apakah REDD sudah dipahami dengan benar oleh pihak-pihak terkait dan publik. Upaya mengumpulkan informasi yang tersebar tentang perubahan iklim dan skema REDD serta keinginan memberikan pemahaman yang benar sangat diperlukan agar REDD dapat terlaksana dengan baik dan didukung semua pihak, sehingga referensi secara menyeluruh yang menyajikan informasi-informasi penting seputar REDD mudah didapat dan diakses.

     Para pengguna dapat mengakses situs ini melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube yang menjadi tautan langsung di situs ini. Informasi lebih lanjut mengenai website ini dapat menghubungi Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan di alamat e-mail web-redd@forda-mof.org selaku administrator website.  Situs ini dapat diakses online di booth Kementerian Kehutanan dan CIFOR selama pameran 3rd Indogreen Forestry Expo 2011.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Masyhud, Kepala Pusat Hubungan Masyarakat Kementerian Kehutanan

 

Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011