Mamuju (ANTARA News) - Enam Gubernur Sulawesi menyepakati piagam Mamuju pada acara Musyawarah Regional Sulawesi yang berlangsung di Hotel Maleo Kabupaten Mamuju Provinsi Sulbar pada 15-16 April 2011.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Jumat, mengatakan, enam Gubernur di Sulawesi diantaranya Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sulawesi Utara, Penjabat Gubernur Sulawesi Tengah, Gubernur Sulawesi Tenggara, dan Gubernur Gorontalo telah menandatangani piagam Mamuju.

Ia mengatakan, enam Gubernur itu menyepakati piagam Mamuju yang intinya menegaskan arah Sulawesi dalam menumbuhkan ekonomi Sulawesi, disaksikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad sebagai wakil pemerintah pusat.

Menurut dia, piagam Mamuju yang disepakati itu ada lima poin, diantaranya berisi persetujuan atas rancangan Peraturan Daerah mengenai Tata Ruang Wilayah Provinsi se-Sulawesi pada tahun 2011 dan Rancangan Perda Tata Ruang Kabupaten pada tahun 2012.

Kemudian, meningkatkan pengembangan infrastruktur Sulawesi melalui pemantapan kualitas jalan Trans Sulawesi, Interkoneksi penerbangan se-Sulawesi, interkoneksi jalur perhubungan laut, jalur kereta api, energi listrik dan rasio elektrifikasi, pembangunan kawasan perbatasan dan pulau-pulau terpencil, terdepan dan terluar, mitigasi bencana, keberlanjutan lingkungan serta tapal batas provinsi se-Sulawesi yang akan dilaksanakan selambat-lambatnya tahun 2013.

Selain itu, meningkatkan kondisi sosial budaya Sulawesi melalui pencapaian target MDG`s tahun 2015 dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulawesi serta pengembangan dan perlindungan situs budaya Sulawesi selambat-lambatnya tahun 2013.

Juga, meningkatkan pembangunan ekonomi melalui optimalisasi sektor unggulan Sulawesi, industrialisasi strategis, pengembangan destinasi pariwisata Sulawesi, serta pendirian pusat inovasi pengembangan komoditas unggulan selambat-lambatnya tahun 2013.

Ditambah pembangunan Balai Latihan Kerja bertaraf internasional di provinsi se-Sulawesi selambat-lambatnya tahun 2013.

Gubernur meminta Menteri Kelautan dan Perikanan dapat melanjutkan piagam Mamuju untuk diteruskan kepada pemerintah pusat guna dimasukkan dalam master plant pembangunan ekonomi Indonesia 2012-2025.

"Kami berharap, Menteri Kelautan dapat menyambungkan piagam Mamuju ini kepada pemerintah pusat agar pembangunan di Sulawesi menjadi bagian dalam pembangunan koridor ekonomi Indonesia tahun 2012-2025," katanya.  (MFH/M012/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011