Palembang (ANTARA News) - Tuan rumah Sriwijaya Football Club menang 3-1 ketika menjamu kesebelasan Song Lam Nghe An, Vietnam pada babak pertama pertandingan Asian Football Confederation Cup, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Rabu petang.

Kesebelasan tuan rumah lebih dulu unggul 1-0 pada babak pertama, dalam pertandingan yang dipimpin wasit Ko Hyung Jin dari Korea tersebut.

Gol tuan rumah dipersembahkan Kayamba Gumbs pada menit ke-12 pertandingan berlangsung.

Sementara gol kedua diciptakan Thierry setelah memanfaatkan umpan Ponaryo Astaman pada menit ke-75 pertandingan berlangsung

Sedangkan gol ketiga kesebelasan tuan rumah diciptakan Budi Sudarsono yang juga memanfaatkan umpan Ponaryo Astaman pada menit 77.

Pertandingan cukup menegangkan itu, pada awal babak kedua kesebelasan tamu Vietnam sebenarnya sudah mampu menyamakan kedudukan 1-1, setelah Nguyen Cong M memasukkan bola pada menit ke-56.

Pertandingan yang berlangsung cukup menegangkan, dengan kedua kesebelasan terlihat sama-sama ngotot untuk merebut angka penuh.

Namun tim tuan rumah masih mampu mengatasi serangan kesebelasan Vietnam yang dilatih Nguyen Xuan Vinh tersebut.

Dalam pertandingan yang disaksikan ribuan penonton itu pemain Sriwijaya FC, Bobby Satria mendapatkan kartu merah, karena mengganjal Nguyen Ngoc Anh pada menit 33.

Sedangkan kesebelan tamu mendapatkan tiga kartu kuning masing masing Que Ngoc, Thinh, dan Van Binh.

Pertandingan berlangsung menarik sejak peluit babak pertama dibunyikan, dengan upaya para pemain Sriwijaya FC (SFC) dapat mengatasi serangan dari pemain kesebelasan Vietnam.

Bahkan, melalui kerja sama yang baik, Keith Kayamba Gumbs pada menit 10 hampir saja memasukkan bola ke mulut gawang kesebelasan Vietnam, tetapi belum berhasil.

Dalam pertandingan yang cukup menegangkan itu, kembali Kayamba memaksimalkan permainannya, sehingga pada menit ke-12 "Laskar Wong Kito" berhasil memasukkan bola ke gawang lawan, membuat kedudukan menjadi 1-0 untuk tuan rumah.

Setelah kemasukan satu gol itu, membuat tim tamu meningkatkan tempo permainan, tetapi belum juga bisa menyamakan kedudukan.

Pemain tuan rumah justru terus menekan, antara lain Budi Sudarsono yang berbalik menyerang dan masuk ke daerah pertahanan lawan, namun tendangan pemain andalan SFC tersebut masih melebar.

Pemain SFC lainnya, Arif Suyono juga berupaya menyundul bola di depan gawang lawan, namun masih mampu diatasi penjaga gawang Vietnam.

Walaupun hanya bermain dengan 10 orang, Sriwijaya FC mampu menggunakan kesempatan dan dukungan penonton sebagai tuan rumah, sehingga bisa unggul atas klub dari Vietnam ini.

Pada babak kedua, sejumlah pemain dari kedua kesebelasan diganti, termasuk penjaga gawang dari Vietnam dan beberapa pemainnya hingga detik-detik menjelang akhir pertandingan yang tetap bertahan dengan skor 3-1 untuk kemenangan SFC.

SFC dalam pertandingan ini menurunkan pemain Oktovianus Maniani, Kayamba Gumbs, Supardi, Arif Suyono, Budi Sudarsono, Mahardiga M Lasut, Ponaryo Astaman, Thierry G, Claudiano Santos, Bobby Satria, dengan penjaga gawang Ferry Rotinsulu.

Sedangkan pemain cadangan adalah Gunawan, A Jufriyanto, Fauzal Mubarok, M Ridwan, Mahyadi Panggabean, dan Ade Suhendra.

Kesebelasan Vietnam menurunkan pemain Au Van Hoan, Ho Ngoc Luan, Phan Nhu Thuat, Nguyen Ngoc Anh, Ngale Jiemon T, Tran Tuan Anh, Nguyen Cong Manh, Thinh, Phan Doan Thai Thanh, Que Ngoc Manh, dengan penjaga gawang Nguyen Duc Than.

Pemain cadangan Vietnam adalah Nguyen Thanh, Nguyen Hong, Viet Binh, dan Tran Nguyen Manh.(*)

(L.U005*B014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011