Abidjan (ANTARA News) - Mantan presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo, Senin ditangkap dan kini ditempatkan di bawah tahanan rumah, menurut pengumuman pemerintah Presiden Alassane Ouattara Selasa malam tanpa menjelaskan di mana penahanan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan Menteri Kehakiman Jeannot Ahoussou-Kouadio mengingatkan bagaimana mantan orang kuat itu telah ditangkap setelah pertempuran antara pasukan pemerintah dan pasukan pro-Gbagbo yang "dibantu oleh tentara bayaran Liberia dan Angola serta milisi."

"Menunggu pembukaan penyelidikan yudisial, Laurent Gbagbo dan beberapa temannya telah ditempatkan di bawah tahanan rumah," katanya.

Pemerintah tidak menyatakan di mana Gbagbo ditahan, atau siapa "sahabat-sahabatnya" itu.

Gbagbo dijemput pada Senin oleh pasukan pro-Ouattara dibantu oleh pasukan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan Perancis, serta diambil dengan isterinya Simone dan beberapa orang lain dan dibawa ke markas besar pesaingannya di Hotel Golf.

PBB Selasa pagi mengatakan ia masih berada di hotel dan belum dipindahkan dari ibu kota ekonomi Abidjan, sehingga bertentangan dengan laporan pertama oleh juru bicara pemerintah.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011